Busworld South East Asia Pameran Perdana di Indonesia, Ini Alasannya

RR Ukirsari Manggalani
Busworld South East Asia Pameran Perdana di Indonesia, Ini Alasannya
Bus listrik buatan PT MAB dipamerkan di GIICOMVEC 2018. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Kurniawan Mas'ud].

Populasi bangsa Indonesia mencapai 40 persen dari ASEAN. BRT milik kita dijadikan contoh.

Suara.com - Pameran bus sebagai angkutan umum di berbagai kota atau dikenal sebagai Busworld digelar di Asia Tenggara. Khususnya di Jakarta International Expo atau JIExpo Kemayoran, Jakarta (20-22/3/2019), diberi tajuk Busworld South East Asia. Ada alasan khusus mengapa ibu kota Indonesia dipilih sebagai tuan rumah untuk yang pertama kalinya di kawasan regional ASEAN (Association of The South East Asian Nations).

Dikutip dari laman resmi Busworld, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki populasi sebanyak 260 juta orang, atau mencapai 40 persen dari populasi bangsa-bangsa ASEAN. Bahkan ditinjau secara kasar, jumlah pulau sekitar 17 ribu, hampir tiga kali lipat dari Filipina yang memiliki 7.107 pulau.

Tersebar di 34 provinsi dengan 415 kabupaten, tentu saja Indnesia membutuhkan begitu banyak moda transportasi massal. Tak terkecuali bus.

Bus listrik TransJakarta. (Suara,com/Tyo)
Bus listrik TransJakarta. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Tyo].

Seperti disebutkan Kementerian Perhubungan Indonesia, bahwa direncanakan akan dilakukan pengadaan 3 ribu unit bus baru untuk sistem Bus Rapid Transport (BRT) di 34 provinsi pada 2019.

Inilah yang mendasari digelarnya Busworld South East Asia, sebagai bentuk dari pasar eksklusif bus, dengan materi pameran teknologi masa depan, klasik, dan bermacam ideasi seru. Dan dalam acara yang berlangsung di Kemayoran itu, Busworld bekerja sama dengan Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) serta Asosiasi Karoseri Indonesia (Askari).

Salah satu peserta pameran yang hadir dalam pergelaran ini tak lain adalah TransJakarta, BRT tertua di pentas transportasi bus perkotaan Asia Tenggara.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS