Beda Selera dengan Indonesia, Inilah Merek Motor Terlaris di India

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal
Beda Selera dengan Indonesia, Inilah Merek Motor Terlaris di India
All New Yamaha R15. [Yamaha]

India dikuasai oleh merek yang asing bagi telinga masyarakat tanah air.

Suara.com - Sudah menjadi lagu lama di Indonesia bahwa dunia industri roda dua selalu didominasi oleh perusahaan asal Jepang. Sulit untuk dipungkiri bahwa perusahaan motor buatan Jepang memang sulit untuk ditandingi, bahkan di banyak negara lainnya. Namun tidak dengan di India.

Dikutip dari Bikeadvice, bukan produsen motor asal Jepang yang merajai industri kendaraan roda dua di negeri Bollywood tersebut, melainkan justru merek-merek lokal. Tercatat setidaknya ada tiga merek asli India yang menguasai penjualan kendaraan roda dua di negara tersebut.

Yang pertama adalah Hero Moto Corp. Perusahaan ini berhasil menjadi raja di negeri sendiri dengan penjualan sebanyak 7.382.718 unit pada tahun 2018-2019. Hero berhasil mengungguli Honda yang berada di tempat kedua dengan penjualan sebanyak 5.520.617 unit.

TVS Akula 310. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
TVS Akula 310. [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Sementara itu, di tempat ketiga ada TVS yang berhasil menjual sebanyak 3,136,532 unit. Produsen motor satu ini masih berjibaku di Indonesia menghadapi kerasnya persaingan dengan para produsen motor asal Jepang.

Lalu ada nama Bajaj di tempat keempat. Merek yang juga sempat mencoba peruntungannya di Indonesia sebelum akhirnya memutuskan untuk hengkang ini berhasil menjual sebanyak 2.541.320 unit. Setelah itu di posisi kelima ada Royal Endfield yang berhasil menjual sebanyak 805.273 unit.

Penjualan di India tentu saja berbeda jauh dengan di Indonesia yang didominasi oleh Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki setiap tahun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS