Tips Mudik Bermotor: Pastikan Ban Sesuai Standar

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tips Mudik Bermotor: Pastikan Ban Sesuai Standar
Ilustrasi ban motor [Shutterstock].

Siapkan motor kesayangan sebelum mudik, hal tak boleh luput dari perhatian adalah ban.

Suara.com - Bermacam transportasi darat dipilih para pemudik atau mudikers dalam menyambut Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah. Termasuk menggunakan tunggangan pribadi berupa kendaraan roda empat pun roda dua.

Disebut terakhir, telah ada imbauan untuk dititipkan dalam angkutan gratis mudik yang disediakan berbagai instansi, termasuk Dinas Perhubungan, sehingga para pemudik cukup mengaspal di dekat kampung halaman, tidak perlu menuntaskan seluruh ruas yang jaraknya sedemikian jauh.

Meski demikian, bukan berarti preparasi atas tunggangan roda dua atau motor kesayangan menjadi berkurang. Persiapan sebelum berangkat tetap saja sangat penting.

Ratusan pemudik bersepeda motor yang akan menyeberang menuju Pulau Sumatera mengantre masuk ke kapal ferry di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (13/6).
Ratusan pemudik bersepeda motor yang akan menyeberang menuju Pulau Sumatera mengantre masuk ke kapal ferry di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (13/6/2018). Sebagai ilustrasi  [ANTARA]

Selain perawatan terhadap mesin, pengecekan ban menjadi hal penting yang tidak boleh terlewat. Pasalnya, selain menahan bobot kendaraan, ban juga bakal menanggung bobot dari si penunggangnya, serta penumpang yang dibonceng.

Sebelum melakukan mudik dengan sepeda motor, Jimmy Handoyo, Technical Service and Development, Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries ban FDR menyarankan untuk memggunakan ban motor sesuai standar.

"Pilih ban sesuai dengan ukuran standar motor. Boleh dimodifikasi namun sebaiknya tidak lebih dari satu tingkat," ujar Jimmy Handoyo saat dihubungi Suara.com.

Selain itu, Jimmy Handoyo menyarankan, pilih ban tipe tubeless atau tipe tube sesuai dengan daerah mudik. Apabila sudah banyak tersedia bengkel yang menangani tambal ban untuk tipe tubeless, bisa mempersiapkan dan memakai ban jenis ini.

"Intinya, sesuaikan kondisi dan pilih ban dengan pola atau kembangan yang aman untuk dipakai di jalan basah dan kering," kata Jimmy Handoyo.

Terakhir, Jimmy Handoyo menyarankan, sebaiknya melakukan cek tekanan angin secara berkala. Apabila memungkinkan, cek sesering mungkin supaya faktor safety ban lebih terjaga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS