Awas, Tetap Patuhi Etika dan Aturan Lalu Lintas Meski Jalan Lengang!

RR Ukirsari Manggalani
Awas, Tetap Patuhi Etika dan Aturan Lalu Lintas Meski Jalan Lengang!
Pemantauan ganjil-genap di Tol Tangerang. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Anggy Muda].

Banyak warga mengikuti Mudik Lebaran 2019, bukan berarti yang tinggal boleh lalai aturan lalu lintas.

Suara.com - Saat sekeliling lengang karena warga sekitar mengikuti acara Mudik Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, bukan berarti perilaku tidak tertib berlalu lintas bisa berkembang.

Ilustrasi mudik dengan sepeda motor [suara.com/Kurniawan Mas'ud]
Ilustrasi mudik dengan sepeda motor [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Dikutip dari kantor berita Antara, Dinas Perhubungan Kota Tangerang Banten mengimbau bahwa para pengemudi harus tetap mematuhi aturan lalu lintas meski saat ini kondisi jalan terbilang sepi. Disebabkan karena banyak warga mudik ke kampung halaman alias mudik.

Wahyudi Iskandar, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang, di Tangerang Kamis (6/6/2019) menjelaskan bahwa ruas jalur mudik di Kota Tangerang terpantau lenggang sejak Rabu (5/6/2019).

"Meski kondisi sekarang lenggang dan warga melakukan silaturahim ke beberapa wilayah, akan tetapi kami imbau tetap taat lalu lintas dan menggunakan pelindung keselamatan seperti helm bagi pengendara kendaraan roda dua," ujarnya.

Dari hasil pantauan petugas di lapangan, banyak warga hilir mudik ke sejumlah wilayah dalam melaksanakan silaturahim Lebaran. Sedangkan untuk pemudik, masih ada beberapa melakukan perjalanan di malam hari menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Untuk arus balik Lebaran, diperkirakan akan mulai terjadi hari Jumat (8/6/2019) malam hingga Minggu malam (9/6/2019).

"Arus balik diperkirakan terjadi akhir pekan. Kami sudah siapkan personel lapangan untuk mengatur lalu lintas," kata Wahyudi Iskandar.

Sebanyak 290 personel diterjunkan untuk mendukung pengamanan mudik dan libur Lebaran. Jumlah itu akan ditambah 172 personel dari Kepolisian Polres Metro Tangerang Kota.

Fasilitas pendukung lainnya yang disiapkan seperti rambu penunjuk jalan, CC Room, dan peralatan imbauan portable untuk dipasang khususnya di terminal.

Petugas pun akan memberikan imbauan kepada pemudik agar mengurangi bawaan barang berlebihan demi keselamatan bersama.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS