Begini Keunggulan Mesin Kecil yang Gendong Turbo

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Begini Keunggulan Mesin Kecil yang Gendong Turbo
Mesin yang telah dipasangi perangkat turbo. Sebagai ilustrasi [Shutterstock]

Meskipun mesin kecil, hadirnya turbo siap melejitkan performa setara V6.

Suara.com - Teknologi turbo atau turbocharger saat ini mulai menjadi trend untuk mesin 1.500 cc di Indonesia. Bahkan hampir setiap Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia mulai membekali produknya dengan teknologi pendongkrak perfoma ini.

Honda CR-V Turbo saat diuji kendara menuju Gunung Bromo di Jawa Timur pada Juli 2017. (Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi)
Honda CR-V Turbo saat diuji kendara menuju Gunung Bromo di Jawa Timur pada Juli 2017. Sebagai ilustrasi mobil bermesin turbo (Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi)

Namun apa sebenarnya keunggulan teknologi turbo untuk mesin berkapasitas 1.500 cc?

Sugihartono, Product Technology of Training Team PT Sokonindo Automobile (DFSK) mengungkapkan bahwa dengan penggunaan turbo, maka produsen tidak perlu lagi membangun mesin bertenaga besar.

"Mesin yang kecil ini bisa merespon untuk menghasilkan output yang lebih besar," ujar Sugihartono, dalam diskusi bertema "Bedah Konsumen SUV Indonesia", di diler DFSK Pondok Indah, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Lebih lanjut, Sugihartono menambahkan, dengan penggunaan turbo, kenaikan tenaga bisa mencapai hampir dua kali lipat. Sehingga produsen tidak perlu lagi mencangkokkan mesin-mesin berkapasitas besar di dapur pacu mobil-mobil produksi mereka.

Sebab dengan mesin yang besar, jelas efisisensi bahan bakar juga akan terganggu. Kemudian mesin yang terlalu besar juga akan menghasilkan bobot yang jauh lebih berat.

"Jadi walaupun tenaga besar, bila mesin berat pasti akan mempengaruhi efisiensi," ungkapnya.

Terakhir, dengan mesin 1.500 cc saja, tambah Sugihartono, ketika dicangkok turbo tenaganya bisa setara mesin V6 atau V8.

"Hasilnya kalau di rata-rata bisa setara dengan mesin V6," tutupnya.

Wah, seru! Terpikat main turbo sendiri? Yang artinya selain memilih mobil bertenaga turbo bisa mencangkok mesin mobil lama di bengkel pakar agar bertenaga dahsyat? Pelajari spesifikasi mesinnya terlebih dahulu, ya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS