Dua Model Subaru Adopsi Teknologi Digital Denso dan BlackBerry

RR Ukirsari Manggalani
Dua Model Subaru Adopsi Teknologi Digital Denso dan BlackBerry
Subaru Outback, sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Dengan satu kendali mikrokomputer, kini sistem di dashboard mobil Subaru tampil terintegrasi.

Suara.com - Keterangan pers tentang sistem kokpit digital Human Machine Interface (HMI) terintegrasi pertama berteknologi BlackBerry QNX diluncurkan secara simultan dari Kariya, Jepang, yang menjadi markas Denso Corporation, serta Waterloo, Ontario, Kanada, lokasi pabrikan Blackberry Limited.

Diberi tajuk "Harmony CoreTM" produk ini langsung disematkan kepada dua model Subaru, yaitu Subaru Legacy dan Subaru Outback tahun model 2020 yang akan mulai beredar di Amerika Serikat mulai musim gugur 2019.

Dashboard Subaru Outback 2020 yang telah terintegrasi dengan "Harmony CoreTM" produk Blackberry dan DENSO [Dok DENSO Corporation, Japan].
Dashboard Subaru Outback 2020 yang telah terintegrasi dengan "Harmony CoreTM" produk Blackberry dan DENSO [Dok DENSO Corporation, Japan].

Dalam keterangan pers bersama ini, disebutkan bahwa HMI dikembangkan bersama oleh BlackBerry dan DENSO, serta diadopsi oleh produsen otomotif Subaru. Secara teknis, hadirnya BlackBerry QNX Hypervisor memungkinkan kontrol atas kendaraan bisa dilakukan secara terintegrasi menggunakan sistem HMI.

Muncul perdana dalam pameran Consumer Electronics Show (CES) 2018, produk yang kemudian dikenal sebagai "Harmony CoreTM", HMI adalah perpaduan antara perangkat lunak canggih dengan interaksi manusia yang bertujuan membantu pengguna mobil lewat layanan berbasis data.

Sebelumnya, produk-produk mobil memang telah dilengkapi dengan beberapa sistem HMI, namun membutuhkan beberapa sistem operasi khusus agar mampu bekerja secara serempak. Pasalnya, sistem operasi dikendalikan secara independen oleh beberapa mikrokontroler. Atau dengan kata lain  belum dimungkinkan untuk menyatukan dan mengoordinasikannya dalam tampilan konten dan suara yang senada.

Nah, tugas teknologi BlackBerry QNX Hypervisor memungkinkan independensi beberapa sistem operasi dengan karakteristik berbeda ini bisa dikendalikan dan terintegrasi menggunakan satu mikrokomputer.

"Perangkat lunak adalah kekuatan pendorong dalam desain otomotif generasi mendatang," demikian pemaparan John Wall, SVP dan General Manager BlackBerry QNX dalam rilis persnya.

"Kami merasa senang dengan keberhasilan meluncurkan platform HMI terintegrasi pertama di dunia bersama BlackBerry dan Subaru," demikian pernyataan Atsushi Hayashida, Direktur dan Kepala Unit Bisnis Sistem Cockpit DENSO.

"Dengan pesatnya perkembangan teknologi untuk kendaraan swakemudi dan listrik, nilai mobil akan berubah secara signifikan. Lewat kolaborasi bersama perusahaan lain dan lembaga penelitian, kami turut menyempurnakan teknologi dan membantu produsen otomotif mempercepat lahirnya kendaraan generasi berikutnya. DENSO bangga turut menciptakan nilai baru bagi masyarakat smart mobility global," tambahnya.

Sementara Tatsuya Okuno, Wakil Presiden dan Kepala General Manager Teknik dari Subaru menyatakan, "Bersama DENSO dan BlackBerry, kami bersemangat untuk memperkenalkan sistem kokpit HMI terintegrasi bagi Subaru Legacy and Outback 2020. Ini adalah pengalaman digital otomotif baru pertama di dunia yang menggabungkan cluster, head unit, sistem infotainment, dan layar hiburan dengan keselamatan terdepan di jajaran produk Subaru."

Dengan sistem kendali HMI terintegrasi ini, harapan para pembuatnya adalah sistem komunikasi, unsur entertainment, sampai SatNav atau GPS dan kebutuhan lain saat bermobil menjadi semakin mudah tanpa mengurangi nilai keamanannya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS