Suara Mobil Listrik Tesla Bisa Diubah dengan Suara Kentut

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Suara Mobil Listrik Tesla Bisa Diubah dengan Suara Kentut
Tesla Model 3 [Suara.com/Jeghesta]

Bunyi klakson model Tesla nantinya bisa diubah dengan bunyi suara kentut.

Suara.com - CEO Tesla Elon Musk, mengungkapkan bahwa seluruh bunyi klakson model Tesla nantinya bisa diubah dengan bunyi suara kentut.

Hal ini dinyatakan Musk melalui akun Twitter miliknya pekan lalu. Dalam cuitannya, Ia menyampaikan bahwa pemilik mobil listrik Tesla segera bisa memodifikasi suara klakson serta bunyi fitur peringatan pejalan kaki (Pedestrian Safety Alerts).

Jika pabrikan otomotif lain menyematkan bunyi-bunyian yang menjadi ciri khas. Tesla akan memasang suara yang lucu dan mungkin terkesan jorok seperti suara kentut.

Cuitan Elon Musk. [Twitter]
Cuitan Elon Musk. [Twitter]

Pernyataan Musk tentunya tidak lepas dari semakin besarnya populasi mobil listrik di Amerika Serikat. Di mana seperti diketahui, mobil ramah lingkungan ini terbilang sangat senyap atau tanpa suara di jalan raya.

Sebab seperti diketahui, negeri Paman Sam tersebut sudah menetapkan aturan bila mobil listrik harus mengeluarkan suara eksternal jika berjalan dengan kecepatan di bawah 20 mil per jam (sekitar 32 km/jam).

Beberapa mobil listrik maupun hybrid sudah memiliki sistem tersebut, namun Tesla baru menyematkannya pada Model 3.

Sedan listrik tersebut sebenarnya bisa memproduksi ‘pink noise’ (suara serupa tv tanpa sinyal) saat berjalan maju dan suara mirip pesawat UFO di film-film fiksi ilmiah era 1950-an ketika mundur.

Untuk itu, dikatakan Musk, nantinya suara yang dihasilkan akan lebih variatif. Tidak hanya di Model 3 tapi juga seluruh model.

Ilustrasi klakson Tesla. [Shutterstock]
Ilustrasi klakson Tesla. [Shutterstock]

Sebagaimana dilansir laman Business Insider, suara kentut sendiri sudah ada di Model 3. Bunyi ini dapat dipasang untuk aktif setiap sinyal lampu sein dinyalakan untuk mengerjai para penumpang di dalam kabin.

Pasalnya, suara tersebut muncul melalui pengeras suara di keempat sisi kabin, pengemudi, penumpang depan, penumpang belakang kiri atau kanan.

Terkhir akan ada penambahan bunyi semacam suara klakson di bagian belakang yang akan berbunyi ketika mobil berjalan mundur saat keluar dari parkiran.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS