Sulitnya Medan Erzberg, Menjadi Inspirasi Motor Trail Ini

RR Ukirsari Manggalani
Sulitnya Medan Erzberg, Menjadi Inspirasi Motor Trail Ini
Erzberg, Austria. di lokasi tambang aktif dan terbuka inilah pentas "rodeo" enduro motor trail paling bergengsi sedunia dipentaskan [Shutterstock].

Bila menyaksikan IIMS Motobike Expo 2019, sempatkan melongok motor trail inspirasi dari kawasan tambang Erzberg.

Suara.com - Pengujung 2019 nanti, bakal berlangsung pentas otomotif roda dua bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike Expo. Nah, salah satu keseruan yang dijanjikan oleh PT Premium Motorindo Abadi (PMA) selaku distributor motor KTM di Indonesia adalah meluncurnya sebuah produk terbatas: KTM 300 EXC TPi Erzbergrodeo (baca: Erzberg Rodeo).

Nama Erzberg Rodeo terasa menggelitik untuk dikulik. Siapakah atau apakah sejatinya, sehingga menjadi penamaan inspiratif produk?

300 EXC TPi Erzbergrodeo bakal muncul di IIMS Motobike 2019 [screen shot: KTM].
300 EXC TPi Erzbergrodeo bakal muncul di IIMS Motobike 2019 [screen shot: KTM].

Rupanya, Erzberg Rodeo adalah acara enduro sepeda motor kebanggaan Austria--negara kelahiran produsen motor KTM--yang telah eksis lebih dari 20 tahun silam. Tepatnya 1995 dan digelar saat musim panas, antara Mei atau Juni. Paling istimewa adalah lokasinya: Erzberg, sebuah kawasan penambangan ore atau bijih logam jenis terbanyak di Benua Eropa.

Awalnya, Styria, provinsi di Austria yang menaungi kawasan Erzberg tergolong sebagai wilayah dengan kondisi ekonomi kurang menjanjikan. Atas peran Karl Katoch, penyelenggara acara balap enduro motocross skala internasional ini, kondisinya berubah. Perekonomian semakin tumbuh, ditambah dukungan penuh para politikus setempat sampai pemerintah Austria.

Selain para crosser petarung hadir dari seluruh dunia, sudah jelas penyuka otomotif pun berdatangan. Sektor olah raga otomotif serta pariwisata turut berkembang pesat. Utamanya wisata bermotor dan bermobil, untuk mencapai lokasi. Sampai kegiatan bermalam di lahan kemping.

Disebutkan dari laman resmi  Erzbergrodeo.at, bahwa crosser yang membanjiri gelaran ini mencapai 1.500 orang per tahun. Berasal dari 40 negara, dari seluruh penjuru lima benua.  Jangan pula tanyakan produsen motor-motor trail yang ikut menandingkan produknya di sini. Inilah medan pembuktian bagi produk roda dua jenis enduro. Selaras nama acaranya: World Extreme Enduro Supreme.

Dua nama langganan juara dari pentas ini adalah Tadeusz Bausiak atau Taddy Blazusiak asal Polandia yang menjuarai lima kali berturut (2007-2011) serta Graham Jarvis dari Britania raya, pemegang gelar lima kali tak berturut (2013, 2015, 2016, 2018-2019).

Pergelaran Erzberg Rodeo pun dipentaskan empat hari penuh, dan penonton bisa menikmati jalannya balapan di Erzbergrodeo Area. Fasilitas utama yang tersedia adalah lahan parkir, layanan bus antar-jemput, sampai camping ground. Disebut terakhir, mengingat "pesta" enduro sepeda motor bergengsi ini berlangsung berkesinambungan berhari-hari, dengan menandingkan begitu banyak nomor bergengsi.

Nama "erzbergrodeo" sebagai event sport otomotif pun telah dipatenkan, dan laman resminya wanti-wanti menyebutkan agar seluruh penonton berhati-hati. Karena gelaran berlangsung di kawasan pertambangan yang masih aktif!

Terpikat ke Austria untuk menyaksikan Erzbergrodeo?  Ah, produk KTM 300 EXC TPi Erzbergrodeo saja terinspirasi dari namanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS