Temukan Senpi, Mulai 2020 MRT Jakarta Bakal Gunakan Sistem X-Ray

RR Ukirsari Manggalani | Ummi Hadyah Saleh
Temukan Senpi, Mulai 2020 MRT Jakarta Bakal Gunakan Sistem X-Ray
Pemeriksaan di stasiun MRT Jakarta [Suara.com/Ummi Hadyah Saleh].

Senjata api (senpi) adalah barang tidak diinginkan di MRT. Tahun depan, inilah adopsi sistem keamanan.

Suara.com - Kilas balik saat berlangsung seremoni pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin, pengoperasian Moda Raya Terpadu PT MRT Jakarta memasang X-ray. Langkah pengamanan ini bekerja sama dengan aparat Kepolisian.

"Kami koordinasi dengan Polisi (pada saat itu), dan akhirnya kami pasang X-ray untuk memastikan stasiun kami aman. Saya buka (cerita) sedikit, kami tak hanya menemukan senjata api pada hari itu, bahkan ada rangkaian bom. Begitu kami tangkap, kami serahkan ke Polisi yang berjaga di stasiun. Puluhan pisau juga kami dapatkan dari pemindaian X-Ray," beber Muhammad Effendi, Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta.

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta meresmikan transit plaza di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019). (Suara.com/Fakhri Fuadi)
PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta meresmikan transit plaza di stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019). (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Tak sampai di situ, ia menyatakan PT MRT Jakarta memperpanjang pemeriksaan terhadap barang-barang penumpang hingga satu bulan.

Sebelumnya, MRT Jakarta memberlakukan pemeriksaan tas terhadap penumpang yang ingin menaiki layanan kereta Ibu Kota ini. Pemeriksaan sudah dimulai pada Rabu 13 November hingga Minggu 17 November 2019.

"InsyaAllah kami perpanjang. Sekarang kami sedang melihat, melakukan survei pendek tentang pendapat penumpang. Sehingga melakukan perpanjangan satu bulan terlebih dahulu," ujar Muhammad Effendi.

Setelah mendapat masukan dari penumpang, pihaknya memutuskan untuk terus menerapkan pemeriksaan atas barang-barang bawaan calong mengguna MRT sebelum masuk stasiun MRT.

Ia meyakini, para penumpang tak keberatan dengan kebijakan dari PT MRT Jakarta. Sebab bertujuan untuk keselamatan dan keamanan para penumpang MRT.

"Setelah mendapat masukan kemudian kami teruskan (pemeriksaan ini). Hampir tidak ada penumpang komplen. Selama kami bisa sopan demi keamanan," lanjut Muhammad Effendi.

Pantauan Suara.com, di Stasiun MRT Bundaran HI, petugas keamanan tampak melakukan pemeriksaan atas bawaan penumpang. Pemeriksaan dilakukan di dekat pintu tapping tiket Stasiun MRT.

Sejumlah penumpang menyatakan tidak berkeberatan dengan adanya pemeriksaan tas oleh petugas keamanan MRT Jakarta.

Rodyah (25) salah seorang penumpang MRT Jakarta mengaku tak masalah dengan adanya pemeriksaan sebelum memasuki stasiun MRT. Menurutnya, pemeriksaan itu demi keamanan semua penumpang MRT Jakarta.

"Saya setuju sekali, tidak ada masalah. Demi keamanan juga, buat semua penumpang," kata Rodyah di Stasiun MRT Bundaran HI.

Hal yang sama dikatakan Mira (30) warga Pasar Baru. Ia mengaku setuju adanya pemeriksaan barang-barang sebelum menaiki kereta MRT. Karyawati salah satu Bank swasta ini menuturkan selama tidak membawa barang-barang yang mencurigakan tak perlu risih dan takut.

"Tidak masalah kalau pemeriksaan demi keamanan. Mengapa risih untuk pemeriksaan, wajarlah. Kalau kita tidak membawa hal-hal yang mencurigakam mengapa mesti takut dan risih," kata Mira.

Selain pemeriksaan, Muhammad Effendi mengatakan pihaknya akan menerapkan sistem pemeriksaan X-ray mulai 2020. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan yang terjadi di MRT Jakarta

"Tahun depan kami akan pasang X-ray. Mungkin buat penumpang sedikit tidak nyaman, sebenarnya ini demi keamanan penumpang, buat keamanan kita semua," jelasnya kepada wartawan di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta.

Julianto, penumpang MRT yang bekerja di kawasan Sudirman memuji langkah MRT Jakarta, dengan memastikan keamanan penumpang lewat pemeriksaan tas manual maupun sistem pemeriksaan sistem X-ray.

Ia berharap MRT Jakarta terus meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpangnya

"Setuju banget, kalau sudah ada pemeriksaan X-ray, makin ketat, makin bagus. Jadi orang nyaman naik MRT jadi tidak takut," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS