Ditopang C-HR, Toyota Targetkan Jual Seribu Unit Mobil Hybrid

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ditopang C-HR, Toyota Targetkan Jual Seribu Unit Mobil Hybrid
Toyota C-HR Hybrid dipamerkan dalam arena IIMS 2019 di Jakarta, Kamis (25/4/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Sampai saat ini, pemasaran KBL produksi Toyota tidak melenceng jauh dari target.

Suara.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mentargetkan penjualan 1.000 unit sepanjang 2019 untuk penjualan mobil hybrid. Dan perolehan angka ini rasanya tidak jauh meleset, karena Direktur Pemasaran PT TAM, Anton Jimmi Suwandy menyatakan bahwa kemungkinan mobil ramah lingkungan itu bisa terjual sebanyak 900 unit sampai akhir tahun.

"Hybrid sampai Agustus sudah sekitar 600 unit. Tapi kemungkinan bisa tercapai di angka 900-an unit," ujar Anton Jimmi Suwandy di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dari total penjualan sampai Agustus, kontribusi penjualan terbesar ditopang oleh Toyota C-HR. Menurut Anton Jimmi Suwandy, dari lima model hybrid atau kelompok Kendaraan Bermotor Listrik atau KBL yang dipasarkan, model ini paling digemari.

Toyota C-HR yang mewakili selera kaum milenial [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Toyota C-HR yang mewakili selera kaum milenial [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

"Kemarin saya dapat info dari teman-teman di Auto2000, mereka dapat order di bulan November, kira-kira 30 unit," klaim Anton Jimmi Suwandy.

Sejauh ini Toyota memang menjadi salah satu merek yang paling agresif memasarkan produk hybrid. Tercatat raksasa otomotif asal Jepang ini meluncurkan banyak KBL seperti Corolla Hybrid, Camry Hybrid, Alphard Hybrid, Prius Hybrid dan C-HR Hybrid.

Namun sayangnya model hybrid yang dipasarkan saat ini masih diboyong utuh dari Jepang dan Thailand.

Sebelumnya Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono sedikit membocorkan rencana Toyota memproduksi mobil hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Ditemui di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Balai Kartini, Jakarta, Warih Andang Tjahjono memberikan sedikit bocoran. Yaitu mobil hybrid akan diproduksi pada 2020.

"Salah satu yang bisa kami sampaikan adalah: kami akan melakukan produksi HEV (Hybrid Electric Vehicle) pada 2022. Antara SUV atau MPV, sudah itu saja," ujar Warih Andang Tjahjono kepada awak media.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS