Keren, Pergerakan Arus Mudik Nasional 2020 Dipantau Non-Stop

RR Ukirsari Manggalani
Keren, Pergerakan Arus Mudik Nasional 2020 Dipantau Non-Stop
Sejumlah pengendara mobil melintas di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek ('Japek Elevated'), Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat. Sebagai ilustrasi mudik Libur Nataru [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc].

Berikut nomor call centre bagi para pengguna mobil yang melaju di ruas-ruas jalan Jasa Marga untuk Libur Nataru.

Suara.com - Aktivitas bermobil Libur Nataru atau Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 tengah berlangsung  di ruas-ruas jalan menuju luar kota, PT Jasa Marga terus berupaya mengoptimalkan layanan operasionalnya.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT Jasa Marga mengoperasikan pusat pengendali informasi dan komunikasi atau command center lalu lintas selama 24 jam.

"Command center 24 jam untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol di seluruh wilayah jalan tol milik Jasa Marga Group," papar Subakti Syukur, Direktur Operasi Jasa Marga dalam keterangan tertulisnya sebagaimana diterima kantor berita Antara, pada Sabtu (28/12/2019).

Layanan CCTV Jasa Marga yakni JasamargaLive yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk memantau kondisi lalu lintas di sepanjang jalan tol Trans Jawa. [Jasa Marga/Suara.com]
Layanan CCTV Jasa Marga yakni JasamargaLive yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk memantau kondisi lalu lintas di sepanjang jalan tol Trans Jawa. [Jasa Marga/Suara.com]

Pengendali informasi dan komunikasi lalu lintas di seluruh ruas jalan tol Jasa Marga Group dilakukan di Jasa Marga Traffic Information Center (JMTIC) yang berlokasi di Plaza Tol Cililitan, Jakarta Timur. Sebagai monitornya, diandalkan CCTV sebanyak 1.392 unit bagi penggunaan seluruh Jasa Marga Group.

Di JMTIC dilakukan aktivitas memonitor dan menindaklanjuti penyampaian informasi melalui radio komunikasi, call center di nomor 14080, 263 unit Variable Message Sign (VMS), (termasuk VMS mobile), serta Twitter @PTJASAMARGA yang dilakukan setiap lima menit sekali.

Selain didukung sarana dan prasarana, JMTIC dikendalikan oleh tenaga yang andal dan menguasai operasional jalan tol dengan petugas berjumlah total 43 orang yang terbagi dalam tiga shift.

"Tim JMTIC dipimpin oleh manajer yang dibantu oleh supervisor, serta ada di bawah kendali Operation & Maintenance Group Jasa Marga Kantor Pusat," jelas Subakti Syukur.

Untuk operasional setiap ruas jalan tol Jasa Marga di seluruh Indonesia, terdapat sentral komunikasi (senkom) yang beroperasi 24 jam dan terintegrasi dengan JMTIC sebagai pusat pengendali informasi.

Sentral komunikasi ini berfungsi sebagai pusat pengendali di masing-masing wilayah jalan tol, dalam untuk mengatur operasional petugas mobile customer service atau layanan jalan tol, derek, ambulans, rescue, sampai Patroli Jalan Raya atau PJR.

Dalam Libur Nataru yang kini fokusnya adalah libur pergantian tahun atau tahun baru, lalu lintas kendaraan yang meninggalkan Jakarta di beberapa jalan tol kembali tinggi.

Subakti Syukur mengimbau pengguna jalan untuk dapat menghubungi one call center di nomor 14080 jika menghadapi keadaan darurat di jalan tol manapun tempat pengguna jalan berada.

Selamat berperjalanan menyambut Tahun Baru 2020 bagi para pengemudi dan mudikers atau para pemudik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS