Wabah Wuhan Coronavirus, Peserta Auto Expo 2020 di India Menyusut

RR Ukirsari Manggalani
Wabah Wuhan Coronavirus, Peserta Auto Expo 2020 di India Menyusut
Renault Trezor Concept yang dipamerkan di Auto Expo, Greater Noida, India. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Bakal segera digelar, peserta Auto Expo 2020 diperkirakan bakal berkurang karena wabah Wuhan Coronavirus.

Suara.com - Setelah terjadinya pembatasan perjalanan dinas dari para produsen kendaraan disertai pabrik mesti ditutup sementara untuk yang berlokasi di Wuhan, Provinsi Hubei serta kota-kota sekitarnya, dampak Wuhan Coronavirus atau 2019-nCoV dalam sektor otomotif terasa di negara lain.

Saat ini adalah India, yang sedianya akan menggelar sekaligus dua pentas Auto Expo 2020. Satu dialngsungkan di Greater Noida, negara bagian Uttar Pradesh (7-12/2/2020) dan satu lagi di ibu kota New Delhi (6-9/2/2020). Dikutip dari Business Today, sedianya sejumlah produsen otomotif China seperti MG Motor, Great Wall Motors dan BYD bakal turut berpartisipasi dalam dua acara itu.

Salah satu pameran otomotif di China [Shutterstock].
Salah satu pameran otomotif di China [Shutterstock].

Sayangnya, wabah yang telah menelan korban meninggal tembus 100 jiwa dalam dua pekan terakhir itu membuat pameran mobil dua tahunan di India ini dibayang-bayangi kekhawatiran potensi wabah Wuhan Coronavirus.

Awalnya, untuk pentas Auto Expo 2020 yang dilangsungkan di Greater Noida, India dengan ruang pamer seluas 40 ribu meter persegi itu, pelbagai perusahaan otomotif China telah memesan lahan seluas 20 persen. Namun gempuran Wuhan Coronavirus telah membuat partisipan dari Negeri Tirai Bambu undur diri dari acara yang bakal dibuka pada 7 Februari 2020.

Senada, bila kontingen besar dari China hadir pun, kekhawatiran malahan semakin memuncak karena mungkin saja para tamu dari perusahaan-perusahaan otomotif termasuk para pembesarnya terinfeksi oleh virus.

Sementara dari sisi publisitas, sekitar 90 jurnalis dari China yang telah mendaftar untuk Auto Expo 2020 dilaporkan batal hadir dalam acara ini.

"Mengacu pada ancaman Coronavirus, saya ingin menyampaikan bahwa kami, dari SIAM telah menjalankan saran dari Departemen Kesehatan India dan mengambil tindakan pencegahan yang memadai dalam pelaksanaan Auto Expo 2020," papar Rajan Wadhera, President of Society of Indian Automobile Manufacturers atau SIAM, GAIKINDO-nya India.

Dan lebih lanjut lagi, seorang juru bicara MG Motor menyatakan bahwa tidak ada pejabatnya dari China yang akan menghadiri Auto Expo 2020 di India. Sementara Great Wall Motors memberitahukan bahwa sebagian besar delegasi China mereka sudah berada di India jauh sebelum wabah Wuhan Coronavirus terjangkit di negaranya, sehingga bisa saja hadir.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS