Baru Diluncurkan, Curtain Airbag MG ZS Mencuri Perhatian

RR Ukirsari Manggalani
Baru Diluncurkan, Curtain Airbag MG ZS Mencuri Perhatian
Airbag utama dan curtain airbag MG ZS [screen shot YouTube: MG Motor Indonesia]

Airbag jadi peranti safety wajib bagi mobil kekinian. MG ZS menawarkan lebih, yaitu curtain airbag.

Suara.com - Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), sebuah organisasi nirlaba yang didirikan perusahaan-perusahaan asuransi otomotif Amrika Serikat menyebutkan pentingnya airbag samping atau side airbag, juga dikenal sebagai curtain airbag.

"Kaca jendela bisa pecah dalam tabrakan. Airbag samping bisa menjadi curtain atau tirai pelindung kepala," demikian tulisnya.

Itu sebabnya, saat MG Motor Indonesia meluncurkan MG ZS (24/3/2020) lewat virtual launching, perhatian pun tertuju pada kehadiran curtain airbag yang ditawarkan.

Yup, Arief Syarifudin, Marketing and PR Director of MG Motor Indonesia saat itu menyebutkan, "Model ini dilengkapi enam airbag yaitu dua front side airbags, dua rear airbags, serta dua side curtain airbag."

MG ZS Scarlet Red [MG Motor Indonesia]
MG ZS warna Scarlet Red [MG Motor Indonesia]

Lalu disebutkannya pula, "Dengan desain berstandar Inggris, handling yang penuh presisi, tenaga mesin yang terdepan, kami juga hadirkan sektor keselamatan tanpa kompromi."

Menurut crashtest.org, "Curtain airbag adalah side airbag pelindung kepala. Akan langsung aktif begitu terjadi tabrakan sisi samping. Dipasang di atas rel pintu atas jendela samping, mampu mengembang di ruang antara pengemudi atau penumpang serta jendela. Dan posisinya akan tetap saat kendaraan terguling."

Dan ditambahkan pula, "Bagi para orang tua, curtain airbag adalah fitur keselamatan yang wajib ada, demi melindungi anak-anak dan penumpang lainnya."

Sementara dikutip dari Cars.com, fitur airbag alias kantong udara penyelamat memang diwajibkan, di luar pendukung safety lainnya, mulai sistem Anti-lock Braking System atau ABS, sistem traksi dan kontrol stabilitas. Saat ini, airbag standar adalah enam unit. Lantas mulai 2014, terus dikembangkan fitur safety yang bakal mengantarkan era baru dalam keselamatan berkendara, dengan 10 unit airbag sebagai standar.

Dalam virtual launching itu, Arief Syarifudin menambahkan, bahwa MG ZS telah lulus dalam uji coba Euro NCAP (The European New Car Assessment Programme) dan ANCAP (Australasian New Car Assessment Programme). Terakhir ini adalah badan penguji safety untuk wilayah Australia dan Selandia Baru. Harapannya, penilaian unsur safety ini mampu memberikan ketenangan bagi para penggunanya.

Sebagai sarana pendukung unsur safety di MG ZS, sistem keamanannya dilengkapi teknologi ABS, EBD (Electronic Brakeforce Distribution), ABD (Automatic Brake Differential) hingga VCS (Vehicle Control System), yang membuat pengemudi maupun penumpang merasakan pengalaman berkendara aman lagi bersama tunggangan kategori subcompact Sport Utility Vehicle (SUV) itu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS