Dampak Covid-19, Penjualan Mobil di Tanah Air Turun 22 Persen

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Dampak Covid-19, Penjualan Mobil di Tanah Air Turun 22 Persen
Line up Test drive New Astra Daihatsu Sigra di Cikole, Lembang (10/10/2019) [Dok PT ADM].

Secara keseluruhan atau nasional, sebesar 22 persen pasar otomotif mengalami penurunan. Daihatsu sendiri berada di angka ini.

Suara.com - Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui bila penjualan kendaraan roda empat mengalami penurunan sepanjang Maret 2020 sebagai dampak pandemi Coronavirus disease atau Covid-19 yang melanda Indonesia.

Dijelaskannya, saat ini sistem produksi Daihatsu hanya berjalan satu shift. Dalam satu shift, kurang dari 8 jam produksi dan jam operasional juga selesai lebih cepat satu setengah jam.

New Daihatsu Sirion mengalami penambahan aerokit dan side stone guard baru [Foto: Istimewa].
New Daihatsu Sirion mengalami penambahan aerokit dan side stone guard baru. Sebagai ilustrasi porduk anyar PT Astra Daihatsu Motor [Foto: Istimewa].

"Jadi kami turun luar biasa banyak, biasanya sebulan 40.000 - 50.00-an sekarang bisa bayangkan pasar Daihatsu turun 20 persen," papar Amelia Tjandra saat bincang virtual dengan awak media, Senin (6/4/2020).

Secara umum, tambahnya, pasar mobil di Maret 2020 secara umum turun 22 persen. Daihatsu sendiri mengalami penurunan sebesar 20 persen, kondisi ini masih cukup bagus.

Pasalnya kalau berkaca dari negara lain, seperti di Eropa sepanjang bulan Maret penurunan bisa sampai 80 persen.

"Kami lihat April pasar akan turun lebih dalam karena banyak sekali Samsat tutup. Jadi tidak bisa registrasi untuk mendapatkan STNK," kata Amelia Tjandra.

Seperti diketahui, sebagai upaya medukung kebijakan pemerintah untuk melakukan physical distancing, Daihatsu tidak lagi melakukan aktivitas produksi secara penuh. Sistem satu shift lebih menjadi pilihan ketimbang menghentikan sementara aktivitas pabrik selama dua pekan penuh.

Catatan dari Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119. Jangan lupa, terapkan imbauan tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing dengan jarak minimal dua meter persegi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS