facebook

Best 5 Oto: 26 Tahun Ayrton Senna, Masak Pakai Crankcase

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: 26 Tahun Ayrton Senna,  Masak Pakai Crankcase
Ayrton Senna, sosoknya diabadikan di prangko Brasil [Shutterstock]

Lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com yang dipantau pagi hingga malam tadi. Mengenang kepergian driver F1 Ayrton Senna, sampai wadah berbuka anak oto.

Suara.com - Bagi generasi zaman old, nama driver Formula One (F1) Aytron Senna adalah sebuah legenda. Meraih gelar juara dunia tiga kali, nasibnya berakhir tragis di Curva Tamburello, Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola, tak jauh dari kota Bologna, Italia. Namun karena dia pula--yang selalu aktif mengajak asosiasi driver jet darat di masanya balap--maka unsur safety di balap single seater tercepat di muka bumi ini terus berbenah.

Terkenal gigih dan ngotot di trek, bagi seorang Ayrton Senna, F1 dan kemenangan adalah kadonya bagi warga Brasil. Sebuah kebanggaan bisa menyatukan pelbagai lapisan masyarakat dan memberikan mereka sebuah semangat: kita bisa.

Dari sektor roda dua, tengah viral cara sahur serta buka puasa ala anak oto (otomotif) atau anak bengkel. Atau singkatnya siapa saja yang gemar dunia kendaraan roda dua.  Yaitu menggunakan crankcase sebagai pengganti mangkuk atau piring. Bakal terasakan aroma bahkan cita rasa oli? Justru itulah yang diinginkan!

Kemudian, berita unik datang dari Tesla Incorporation. Pabrikan mobil bertenaga murni listrik itu menyatakan bahwa perusahaan mendapatkan keuntungan laba. Kok bisa? Mengingat saat ini industri otomotif tengah porak-poranda karena covid-19. Namun itulah Elon Musk, yang mampu membuat publik terpana. Termasuk komentarnya soal lockdown.

Baca Juga: Berapa Lama Orang Tahan Karantina Mandiri, Survei Ini Ungkap Faktanya

Lantas ada pula tayangan video yang menunjukkan cara maling atau pencuri beraksi di SPBU. Yaitu mengikuti mobil dari jauh dan ikut masuk ke lokasi, menunggu si empunya lengah. Tolong pelajari video ini, sebagai tindak preventif atas pencurian.

Berikut adalah lima (5) artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com yang dirangkum dari pagi kemarin hingga malam tadi. Selamat membaca dan tetaplah #DiRumahAja.

Catatan dari Redaksi Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19

1. 26 Tahun Berpulangnya Ayrton Senna: Ia Tetap Melegenda

Ayrton Senna, driver F1 asal Brasil tersenyum usai merebut pole position menjelang F1 GP Portugal di Sirkuit Estoril. Balapan berlangsung 23 September, 1989 [AFP/SennaPascal Pavani, Jean-Loup Gautreau].
Ayrton Senna, driver F1 asal Brasil tersenyum usai merebut pole position menjelang F1 GP Portugal di Sirkuit Estoril. Balapan berlangsung 23 September, 1989 [AFP/SennaPascal Pavani, Jean-Loup Gautreau].

Usai balap Grand Prix (GP) Formula One (F1) Brasil 1991. Ayrton Senna, masih dalam balutan race suits tim McLaren-Honda, menerima seorang jurnalis senegara dan melangsungkan obrolan hangat dalam bahasa nasional mereka, Portugis.

Baca Juga: Dramatis, Asteroid Ini Sangat Nyaris Tabrak Bumi 28 April Kemarin

"Menjadi pembalap yang memenangi balapan di rumah sendiri adalah sebuah kebanggaan, dan tidak semua orang bisa melakukannya. Bagaimana rasanya?"

Komentar