Situasi Perekonomian Kurang Baik, Kendaraan Komersial Turut Terdampak

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Situasi Perekonomian Kurang Baik, Kendaraan Komersial Turut Terdampak
Ilustrasi truk Hino. [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Inilah kondisi yang dialami pasar kendaraan komersial. Contohnya diungkap Hino.

Suara.com - Chief Operation Officer (COO) PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo mengungkapkan bahwa penjualan Hino turut mengalami penurunan selama pandemi 2019 Novel Coronavirus atau Covid-19.

Dijelaskannya bahwa pada 2019 terjadi penurunan penjualan karena tahun politik. Pemilihan Presiden (Pilpres) ini dampaknya cukup panjang.

"Kalau dilihat pada 2020, PT HMSI boleh dibilang masih cukup optimis. Namun gara-gara Covid-19, terus terang saya bilang ini sangat parah. Pendek kata, kalau saya bilang: memang gara-gara Covid 2020 ini penjualan turun," kata Santiko Wardoyo saat "Ngobrol Virtual Dulu" (Ngovid) bersama Forwot.

Lanjut Santiko Wardoyo, saat ini semuanya berantakan. Secara internal berantakan. Domestik dan luar negeri juga berantakan.

"Jadi semuanya terpengaruh, karena memang kendaraan komersial tergantung ekonomi," ujar Santiko Wardoyo.

Menurutnya orang tidak akan beli truk kalau memang perekonomian sedang berantakan. Berbeda dengan kebutuhan akan passenger car. Semisal ada model baru bagus, bisa segera beli secara cash.

Perakitan di Pabrik Hino, Purwakarta [Hino via ANTARA Foto/HO].
Perakitan di Pabrik Hino, Purwakarta [Hino via ANTARA Foto/HO].

"Kalau truk orang investasi beli tunai akan problem, sayang uangnya. Kalau dia bisa kredit dan diputar bisa dapat in-out masih okay. Jadi itu problemnya," ujar Santiko Wardoyo.

Terakhir, ia menjelaskan target perusahaannya dengan melihat data Gaikindo untuk pasar komersial. Kira-kira pihaknya akan mengambil 15 sampai 20 persen dari total Gaikindo.

"Jadi kalau Gaikindo tetapkan satu juta unit, ya kira-kira kami akan pasarkan 150 sampai 200 unit plus-minus, sebesar itulah," tutup Santiko Wardoyo.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama cuci tangan rutin. Dengan pengertian saling bantu dan saling dukung, kita bisa mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS