Suzuki Tegaskan Program Suzuki Peduli Covid adalah Hoax

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Suzuki Tegaskan Program Suzuki Peduli Covid adalah Hoax
Broadcast hoax soal layanan Suzuki. Cermati tampilannya baik-baik [menjadi dokumen Suzuki Indonesia].

Tengah beredar iming-iming layanan gratis dari Suzuki yang mensyaratkan permintaan data pribadi pelanggan. Hati-hati, ini hoax.

Suara.com - Belakangan beredar informasi dan program penawaran yang mengatasnamakan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui tautan situs s.id/SuzukiPeduliCovid. Tautan itu dikirim melalui pesan berantai atau broadcast message untuk tujuan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Menanggapi hal ini, secara resmi PT SIS menyatakan bahwa program yang dimaksud adalah bukan dari Suzuki Indonesia dan dibuat tanpa persetujuan atau izin PT SIS. Sehingga setiap informasi yang terdapat dalamnya sama sekali tidak benar.

"Saat ini beredar broadcast message program "Suzuki Peduli Covid" berupa perawatan mobil gratis yang bisa didapatkan konsumen dengan mengisi sejumlah data penting. Kami menduga ini adalah penipuan untuk mengumpulkan data konsumen, karena PT SIS tidak pernah mengeluarkan program tersebut," ujar Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS.

Hoax atasnamakan Suzuki, perhatikan tampilannya dan simak link anehnya [menjadi dokumen Suzuki Indonesia].
Hoax atasnamakan Suzuki, perhatikan tampilannya dan simak link anehnya [menjadi dokumen Suzuki Indonesia].

Lebih lanjut, Riecky Patrayudha menegaskan bahwa Suzuki selalu menginformasikan setiap program melalui surat resmi kepada semua dealer, website maupun media sosial.

"Untuk itu, pada Selasa (16/6/2020) kami telah membuat laporan resmi pengaduan konten negatif berupa berita bohong kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI," tandasnya.

"Kami harap konsumen tidak tertipu dengan pesan hoax tersebut," imbuh Riecky Patrayudha.

Pesan berantai hoax itu menawarkan perawatan mobil secara gratis, meliputi beberapa layanan seperti ganti oli, tune up, sparepart, balancing, spooring, check-up 32 part, gratis masker, dan hand sanitizer. Namun, konsumen terlebih dahulu harus mengisi data-data penting dan pribadi berupa nama, alamat, nomor telepon, e-mail, dan sebagainya.

PT SIS menginformasikan bahwa semua program Suzuki Indonesia yang resmi akan tercantum dalam website Suzuki Indonesia serta media sosial Suzuki Indonesia.

Hati-hati kepada pelanggan yang mungkin sudah sempat mendapatkan atau membaca penawaran, tautan, serta kabar hoax ini.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS