Aplikasi Siwalan, Polda Kalsel Gelar Drive Thru Tes Covid-19

RR Ukirsari Manggalani
Aplikasi Siwalan, Polda Kalsel Gelar Drive Thru Tes Covid-19
Petugas melakukan pengambilan sampel untuk tes usap COVID-19 pada pengendara sepeda motor [ANTARA/Firman].

Siwalan, singkatan dari Aplikasi Swab Berjalan adalah model tes drive thru karya anggota Bid Dokkes Polda Kalsel.

Suara.com - Salah satu cara efisien melakukan tes massal Covid-19 adalah secara drive-thru. Telah dilakukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tanpa perlu turun dari kendaraan roda empat atau mobil, maupun sepeda motor, pengambilan sampel bisa dilakukan.

Dikutip dari kantor berita Antara, Polda Kalimantan Selatan, khususnya Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalimantan Selatan menggelar tes usap massal dengan sistem drive thru. Warga tetap berada di kendaraan masing-masing selama pengambilan sampel usap atau swab test dari hidung atau tenggorokan. Lantas hasilnya bisa disimak via aplikasi.

Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok memeriksa suhu pengendra mobil saat tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 dengan sistem "drive-thru" di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]
Petugas Dinas Kesehatan Kota Depok memeriksa suhu pengendra mobil saat tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 dengan sistem "drive-thru" di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Minggu (29/3). Sebagai ilustrasi tes Covid-19 drive thru kendaraan roda empat [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]

Uniknya, selain digelar secara drive thru, peserta tes bisa "berkomunikasi" awal pakai Siwalan.  Apakah itu?

Mengadopsi teknologi kekinian, pelaksanaan drive thru test COVID-19 didukung teknologi inovasi dari Bid Dokkes Polda Kalsel lewat aplikasi bertajuk Siwalan ini. Singkatan dari Aplikasi Swab Berjalan.

Caranya cukup mudah, warga yang akan mengikuti tes usap atau swab test cukup mengisi data di aplikasi Siwalan.

"Jadi saat datang, petugas tinggal mengecek barcode atau kode batang di aplikasi guna memastikan orang yang bersangkutan telah menjalani rapid test (tes cepat) agar datanya valid," jelas Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim, Kabid Dokkes Polda Kalsel di Banjarmasin, Rabu (24/6/2020).

Dengan aplikasi karya anggota Bid Dokkes ini, masyarakat yang telah mengikuti tes usap dapat mengetahui hasilnya cukup dengan mengecek di aplikasi Siwalan melalui ponsel.

"Target kami, 500 orang mengikuti swab, yang mana dari hasil tes cepat oleh puskesmas dan Dinas Kesehatan Banjarmasin reaktif," tambah Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim.

"Ke depan, Siwalan akan digunakan seluruh puskesmas di Kalsel, sehingga jika ingin swab cukup mengisi data nomor NIK di aplikasi," tukasnya.

Sebagai catatan, tes covid-19 model drive thru dengan aplikasi Siwalan ini adalah bagian dari bakti kesehatan Polda Kalsel dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli 2020.

Ada lima titik pengambilan sampel sistem drive thru , yaitu dua untuk kendaraan roda empat dan tiga untuk kendaraan roda dua.

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Machli Riyadi menyampaikan terima kasih kepada Polda Kalsel atas kegiatan tes usap massal ini.

"Bid Dokkes Polda Kalsel telah banyak membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Banjarmasin dalam pelaksanaan tes cepat dan tes usap. Semoga kasus penyebaran virus corona segera mencapai puncaknya hingga bisa menurun," ungkap Machli Riyadi.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS