Polda Kalteng Luncurkan Mobil Damkar Karhutla, Produksi Negeri Sendiri

RR Ukirsari Manggalani
Polda Kalteng Luncurkan Mobil Damkar Karhutla, Produksi Negeri Sendiri
Enam mobil pemburu api diresmikan Polda Kalteng, Senin (13/7/2020) untuk mendukung pelaksanaan tugas personel Polri di lapangan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan.[Polda Kalteng via ANTARA News].

Mobil Damkar Karhutla adalah produk dalam negeri dengan spesifikasi keren. Silakan disimak.

Suara.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) membutuhkan penanganan segera. Mobil pemadam kebakaran atau damkar mesti lincah untuk menjangkau lokasi pemadaman di dalam hutan bahkan sampai medan gambut. Dikutip kantor berita Antara dari siaran pers Kepolisian Kalimantan Tengah, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah baru saja meresmikan mobil pemburu api.

Tujuannya adalah mendukung upaya Polri dalam melaksanakan pemadaman karhutla di wilayah Kalimantan Tengah atau Kalteng.

"(Mobil pemburu api) untuk mendukung pelaksanaan tugas para personel Polri di lapangan. Saya berharap semoga dengan adanya mobil ini, karhutla yang ada di Kalteng dapat ditangani dengan baik," demikian papar Irjen Dedi Prasetyo melalui siaran pers pada Senin (13/7/2020).

Fin Komodo, mobil asli Indonesia yang diproduksi oleh PT FIn Komodo Teknologi, dipamerkan di IIMS 2015 (19/80 [Suara.com/Liberty Jemadu].
Fin Komodo, mobil asli Indonesia yang diproduksi oleh PT Fin Komodo Teknologi [Suara.com/Liberty Jemadu].

Adapun mobil pemburu api yang diresmikan Polda Kalteng ada enam unit mobil yang terdiri dari empat mobil jenis komodo dan dua mobil jenis quick.

Kapolda menyampaikan kendaraan-kendaraan ini sangat efektif dan efisien dalam memadamkan api, dan bisa digunakan sebagai mobil sosialisasi pola kearifan lokal dalam membuka lahan.

Dalam acara peluncuran ini, Kapolda Dedi Prasetyo didampingi Wakapolda Brigjen Pol. Indro Wiyono, Irwasda Kombes Pol. Iman Prijantoro dan para pejabat utama Polda Kalteng.

Disebutkan pula bahwa Satgas Penanganan Karhutla di Kota Palangka Raya tahun 2020 terdiri atas 200 orang tim gabungan dari Pemkot, TNI, Polri, relawan dan organisasi masyarakat. Tugas mereka antara lain adalah mensosialisasikan bahaya karhutla dan cara pencegahannya kepada masyarakat dan patroli keliling di daerah rawan karhutla.

Mobil AMMDes Mobil Multiguna
Mobil AMMDes Mobil Multiguna. Juga produk dalam negeri [Suara.com].

Berbincang soal mobil Komodo dan Quick, kita bisa sejenak kembali ke gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS yang rutin digelar setiap tahun.

Untuk sektor kendaraan dalam negeri, tertera booth dengan tajuk Fin Komodo. Yup, inilah mobil nasional (Indonesia) yang diproduksi PT Fin Komodo Teknologi.

Masuk kategori mobil buggy, biasanya digunakan di sektor pariwisata. Dan modifikasi mobil ini untuk penanganan karhutla tentu saja keren, apalagi Fin Komodo adalah mobnas yang paling sukses di antara mobil produksi anggota Asianusa, atau Asosiasi Industri Automotive Nusantara.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS