Gelar Kompetisi Modifikasi Gerobak Listrik, Ini Penjelasan Kemenperin

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Gelar Kompetisi Modifikasi Gerobak Listrik, Ini Penjelasan Kemenperin
Berbagai jenis Gerobak Listrik (Gelis) yang diproduksi PT Solar Panel Indonesia sebagai wujud nyata dalam pengembangan kendaraan bermotor ramah lingkungan [ANTARA/ Biro Humas Kementerian Perindustrian].

Tampilan gerobak listrik untuk UMKM bakal makin seru bila dimodifikasi.

Suara.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI bersama National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menggelar Gelis Tuner Competition sebagai ajang kompetisi modifikasi gerobak listrik di Indonesia.

Apakah yang menjadi dasar Kemenperin lebih memilih kompetisi modifikasi gerobak listrik dibandingkan sepeda motor atau mobil listrik?

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI, Putu Juli Ardika mengungkapkan bahwa sebelum memutuskan sebenarnya ada beberapa opsi seperti becak listrik dan sepeda listrik. Namun untuk modifikasi kendaraan berbahan bakar non-minyak bumi ini akhirnya dipilih yang lebih umum.

Gerobak Listrik atau Gelis, siap dimodifikasi untuk memperebutkan piala Kemenperin. Bakal menyasar UKM di Tanah Air [Dok.Gelis].
Gerobak Listrik atau Gelis, siap dimodifikasi untuk memperebutkan piala Kemenperin. Bakal menyasar UKM di Tanah Air [Dok.Gelis].

"Masing-masing daerah punya kearifan lokal. Jadi waktu itu yang lebih umum jatuh pilihannya kepada kendaraan roda tiga. Jadi gerobak listrik ini yang menjadi pilihan," ujar Putu Juli Ardika, dalam media conference virtual, Jumat (17/7/2020).

Ia menambahkan, penggunaan kendaraan roda tiga banyak digunakan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Melalui ajang NMAA pihaknya juga bisa mendorong pengenalan kendaraan roda tiga yang ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

"Kita lihat yang menggunakan kendaraan ini (kendaraan roda tiga) juga luas sekali. Ini bisa mewakili semua," kata Putu Juli Ardika.

Gelis Tuner Competition sendiri adalah kompetisi adu gagasan dalam soal modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis. Dalam kegiatan ini dipilih tiga modifikator terbaik yang masing-masing memiliki keahlian di bidangnya.

Para modifikator ditantang untuk membuat konsep modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis dengan mengedepankan unsur entrepreneurship atau fungsi sejalan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan tampilan kendaraan yang menarik.

Ketiga modifikator telah menerima kendaraan roda tiga listrik Gelis berjenis DC motor 800W beberapa waktu, serta uang tunai Rp15 juta sebagai nilai modifikasi yang akan dikerjakan.

Nantinya, ketiga karya modifikasi kendaraan roda tiga listrik Gelis tersebut akan diluncurkan pada Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 secara virtual 10 Oktober mendatang, mereka akan memperebutkan Piala Menteri Perindustrian RI.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS