Bagaimana Kelanjutan Rencana Suzuki Lokalkan Jimny?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bagaimana Kelanjutan Rencana Suzuki Lokalkan Jimny?
Suzuki Jimny dijual seharga Rp 330 juta dalam arena GIIAS 2019 yang digelar di ICE, BSD, Banten, Kamis (18/7/2019). [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan]

Awalnya, India disebut-sebut akan produksi Suzuki Jimny secara lokal. Rupanya belum ada kejelasan. Inikah peluang Indonesia?

Suara.com - Rencana PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk memproduksi Suzuki JImny secara lokal rupanya belum menemui titik terang. Direktur Pemasaran PT SIS, Donny Saputra menyatakan pihaknya perlu melakukan study lebih lanjut untuk memproduksi Suzuki Jimny.

"Masih belum (keputusan memproduksi Jimny). Dengan kondisi industri global seperti ini, kami perlu study lebih lanjut," ujar Donny Saputra saat dihubungi Suara.com.

Peluncuran Suzuki Jimny dengan jumlah terbatas 88 unit di Indonesia, di ajang GIIAS 2017 di Serpong, Tangerang, Sabtu (12/8/2017). [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
Peluncuran Suzuki Jimny dengan jumlah terbatas 88 unit di Indonesia, di ajang GIIAS 2017 di Serpong, Tangerang. Sebagai ilustrasi produk ini tegolong salah satu yang ikonik [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Kendati demikian, ia menolak bila PT SIS sudah mengurungkan niat unutk memproduksi Suzuki Jimny secara lokal. Hanya, kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini menjadi perhitungan lebih dari Suzuki.

"Kami harus mempertimbangkan kembali dengan tambahan beberapa faktor seperti kondisi ekonomi beberapa negara tujuan ekspor dan kondisi pandemi," terang Donny Saputra.

Sebelumnya santer Suzuki Jimny akan diproduksi secara lokal di India. Hal ini tentu saja menutup peluang PT SIS untuk merakitnya di Indonesia.

Menurut Autocar India, produksi Jimny akan dimulai pada Mei tahun ini di India. Suzuki India memiliki line produksi untuk merakitnya secara lokal.

"Sebagian besar produksi akan diekspor. Karena permintaan domestik tidak akan cukup," menurut seorang sumber.

Akan tetapi sampai saat ini belum ada keterangan resmi Suzuki bila produk legendaris Suzuki Jimny bakal dirakit secara lokal di India. Bahkan dikatakan hal itu belum masuk sebagai rencana perusahaan.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS