alexametrics

Hindari Maling Motor: Ini 5 Langkah Proteksi, Nomor 5 Kadang Terlupa

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Hindari Maling Motor: Ini 5 Langkah Proteksi, Nomor 5 Kadang Terlupa
Kunci motor sebagai ilustrasi jaga kendaraan dari maling [Shutterstock].

Berikut adalah tips cegah pencurian sepeda motor. Jangan beri celah untuk maling.

Suara.com - Aksi pencurian motor bisa terjadi di mana saja. Terbaru yang menjadi viral adalah maling gasak satu unit Yamaha R15 di Kompleks Hankam, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Diduga dilakukan empat lelaki, berdasarkan kamera CCTV yang memperlihatkan sosok pencurinya.

Melihat kejadiannya, Selasa (18/8/2020) pada saat pagi hari, atau terang matahari, maka para pemilik kendaraan harus ekstra berhati-hati.

Mengutip Wahana Honda, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai tindak preventif untuk menghindari aksi pencurian motor.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Baca Juga: Jangan Lengah, Viral 4 Lelaki Gasak Yamaha R15 dalam Lima Menit Saja!

Empat pemuda maling motor sport yang tertangkap kamera CCTV di kawasan Jalan Rudal II Kavling Hankam Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (18/8/2020). [Dokumentasi pribadi via ANTARA News]
Empat pemuda maling motor sport yang tertangkap kamera CCTV di kawasan Jalan Rudal II Kavling Hankam Joglo, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (18/8/2020). [Dokumentasi pribadi via ANTARA News]

Pastikan pagar rumah terkunci dengan baik

  • Apabila keadaan lingkungan rumah dirasa sepi, alangkah baiknya bila pagar rumah dikunci dengan baik, meski siang hari sekalipun. Kesempatan sekecil apapun mampu mengundang perilaku kejahatan, termasuk pagar lupa dikunci.
  • Sebelum masuk rumah, pastikan bahwa pagar sudah berada dalam keadaan terkunci.

Kunci setang motor

  • Biasanya kendaraan akan diparkir di garasi atau tepat di belakang pagar. Meski sudah berada di dalam lingkungan rumah, ada baiknya mengunci motor dengan baik.
  • Selain menutup lubang kunci dengan pengaman bermagnet, bisa mengunci setang motor ke arah kanan. Arah ini bisa membuat penjahat kesulitan saat ingin membongkar lubang kunci motor.

Tutupi dengan cover motor

  • Juga bisa menambahkan pengaman tambahan dengan cover motor. Meski sebenarnya berfungsi untuk menutupi motor dari debu.
  • Cara ini bisa menutupi kendaraan dari pantauan maling. Apalagi jika motor tergolong mahal maupun jenis motor matik yang seringkali dijadikan target pencurian.

Tambahkan sistem pengamanan tambahan di motor

  • Apabila memang dirasa perlu, tambahkan sistem pengamanan seperti alarm. Alarm akan berbunyi keras apabila mendapat goyangan atau guncangan.
  • Suara yang nyaring ini bisa mengejutkan maling sehingga mereka bakal mengurungkan niat untuk mencuri motor.

Asuransikan benda-benda berharga termasuk sepeda motor kesayangan.

Baca Juga: Ketika Maling Motor dan Penadahnya Sama-sama Dijebloskan ke Penjara

  • Bermacam lingkup pertanggungjawaban asuransi bisa dipilih. Sesuaikan dengan kebutuhannya.
  • Ingatlah bahwa asuransi akan gugur antara lain bila masa keikutsertaannya habis, lingkup pertanggungjawabannya tidak termasuk, dan dimodifikasi tanpa pelaporan kepada pihak asuransinya.

Komentar