alexametrics

Semangat Menuju Era Mobil Listrik, MTF Siap dengan Layanan Pembiayaan

RR Ukirsari Manggalani
Semangat Menuju Era Mobil Listrik, MTF Siap dengan Layanan Pembiayaan
Konvoi mobil listrik. Tampak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) didampingi pembalap Sean Gelael (kiri). Sebgai ilustrasi [Suara.com/Arya Manggala]

Makin banyak produk mobil listrik meluncur di Indonesia, begini keputusan MTF.

Suara.com - Kendaraan bermotor listrik, baik murni tenaga listrik (Electric Vehicle atau EV), sampai Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) terus berdatangan di Indonesia. Antara lain Toyota Prius PHEV, Nissan LEAF, Mitsubishi Outlander PHEV, Hyundai IONIQ EV, dan terbaru All-New Nissan Kicks e-POWER. Perusahaan pembiayaan pun mencermati pasar tunggangan berbahan bakar non-minyak bumi ini.

Dikutip dari kantor berita Antara, PT Mandiri Tunas Finance (MTF), perusahaan pembiayaan anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, menyatakan siap melayani pembiayaan mobil listrik sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan.

Langkah MTF ini sejalan dengan amanat Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK), Emiten, dan Perusahaan Publik.

Dalam ketentuan tadi disampaikan bahwa arah dari pengaturan penerapan Keuangan Berkelanjutan ini adalah mendorong penciptaan keuangan berkelanjutan di sektor jasa keuangan yang mendukung keberlanjutan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia.

Baca Juga: Ambisi Elon Musk di Jerman: Tesla Gigafactory Sampai Produksi Vaksin Corona

Direktur MTF Harjanto Tjitoharjojo bersama Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno di sela test drive Hyundai Ioniq di MTF [ANTARA/HO].
Direktur MTF Harjanto Tjitoharjojo bersama Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno di sela test drive Hyundai Ioniq di MTF [ANTARA/HO].

"MTF mendukung penuh penerapan keuangan berkelanjutan, melalui persiapan pembiayaan kendaraan bermotor ramah lingkungan, di mana saat ini MTF tengah menyiapkan skema pembiayaan yang tepat untuk mobil listrik," papar Harjanto Tjitohardjojo, Direktur MTF dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara pada Selasa (8/9/2020).

Ia menyatakan rencana pembiayaan mobil listrik itu juga sudah dilaporkan dalam rencana aksi keuangan berkelanjutan kepada OJK.

"Untuk itu, pada hari ini MTF mengadakan acara test drive mobil listrik Hyundai IONIQ Electric, mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle) sebagai bagian dari persembahan MTF kepada pelanggan dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2020," jelasnya.

Selain acara test drive, MTF juga menawarkan berbagai program untuk pelanggan.  Antara lain adalah gratis santunan asuransi tanggung jawab hukum (TJH), banjir dan kebakaran dengan total senilai Rp30 juta serta cashback administrasi Rp500 ribu.

Dalam mendukung pembiayaan kendaraan bermotor ramah lingkungan, MTF juga akan memperkenalkan mobil ramah lingkungan lainnya seperti Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks E-POWER, serta lainnya kepada pelanggan.  Dan didukung layanan aplikasi MTF Go atau Care Center di 1500059.

Baca Juga: Ini Alasan All-New Nissan Kicks e-POWER Mendarat di Indonesia

Komentar