Negara Bagian Ini Larang Penjualan Mobil Bensin Mulai 2035

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Negara Bagian Ini Larang Penjualan Mobil Bensin Mulai 2035
Ilustrasi mobil listrik (Shutterstock).

Gubernur negara bagian ini meyakinkan bila tempatnya beralaih ke mobil listrik, negara sekitar mereka ikut serta.

Suara.com - Salah satu negara bagian Amerika Serikat, California, berencana melarang penjualan mobil dan light truck berbahan bakar bensin mulai 2035. Langkah ini diambil sebagai upaya mengakhiri penggunaan mesin pembakaran internal berbahan bakar fosil.

Gubernur California, Gavin Newsom menyatakan secara agresif akan memerangi peredaran kendaraan bensin di tengah perubahan iklim yang menyebabkan tingginya kebakaran hutan.

"Kami menandai jalan baru untuk menghentikan penjualan kendaraan bertenaga bensin baru pada 2035 dan mendorong negara bagian lain untuk mengambil tindakan serupa," kata Gavin Newsom, dikutip dari The Verge.

Sementara itu Dewan Sumber Daya Udara California (CARB) juga mengamanatkan pada 2045 bahwa semua operasional kendaraan tugas menengah dan berat menjadi nol emisi jika memungkinkan.

Baca Juga: Agar Warga Pakai Mobil Listrik, Negara Ini Talangi Ratusan Juta Rupiah

Pemandangan kabut asap berwana oranye menyelimuti San Fransisco, California, Amerika Serikat, Rabu (9/9). [Foto/Anadolu Agency]
San Francisco, California, saat kabut asap berwana oranye menyelimuti, Rabu (9/9/2020). Sebagai ilustrasi negara bagian [Foto/Anadolu Agency]

California menyumbang sekitar 11 persen dari seluruh penjualan kendaraan Amerika Serikat, dan banyak negara bagian memilih untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

“Jika Anda adalah pabrikan Amerika, bagaimana Anda dapat bersaing secara global kecuali Anda berada dalam bisnis itu,” kata Gavin Newsom.

Di sisi lain, hal yang direncanakan sejumlah negara bagian di Amerika Serikat sebenarnya bertentangan imbauan Presiden Donald Trump. Ia justru melarang California mewajibkan penjualan mobil listrik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS