alexametrics

Kejar Pelanggar Hukum, Kepolisian Jepang Andalkan Lexus LC 500

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kejar Pelanggar Hukum, Kepolisian Jepang Andalkan Lexus LC 500
Lexus LC Convertible dalam Geneva Motorshow 2019. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Seperti di film-film? Inilah kelebihannya, karena terjadi di dunia nyata. Silakan melanggar peraturan, mobil bertenaga gahar sudah siap.

Suara.com - Bukan adegan film, namun terjadi sungguhan di jajaran kepolisian Negeri Sakura. Well, belum lama ini, penegak hukum di Jepang itu mendapatkan sumbangan armada baru Lexus LC 500 untuk menjalankan tugas patroli jalan raya.

Lexus LC 500 ini diserahkan eksekutif Lexus, Kazuo Nakamura kepada Departemen Kepolisian Prefektur Tochigi yang memiliki sejarah panjang dalam menggunakan mobil berperforma tinggi racikan dalam negeri.

Melansir Carscoops, nantinya petugas terkait akan memanfaatkan Lexus LC 500 sebagai armada jalan raya dalam upaya mengurangi kecelakaan lalu lintas. Juga mengejar pelanggar lalu lintas maupun penjahat yang coba melarikan diri.

Tentu saja, agar sesuai peruntukan, ada serangkaian modifikasi dilakukan pada unit kiriman Lexus ini. Yaitu pada eksterior Lexus LC 500 dibalut cat hitam dan putih khas Polisi Jalan Raya Jepang. Selain itu terlihat juga penggunaan rotator pada bagian atap mobil.

Baca Juga: Serba Lexus: Koleksi Prabowo - Hotman Paris, Produk Gres dan Modifikasi

Mobil Polisi Lalu Lintas (Polantas) Prefektur Tochigi Jepang, Lexus LC 500 [Carscoops].
Mobil Polisi Lalu Lintas (Polantas) Prefektur Tochigi Jepang, Lexus LC 500 [Carscoops].

Semakin memperjelas fungsinya, tampilan mobil pun terlihat lebih sangar dengan tulisan "Polisi" dimensi besar pada sisi kiri dan kanan mobil. Terakhir ada lampu kedip tersembunyi di bawah grille depan.

Belum diketahui apakah ada modifikasi teknis dilakukan, tetapi kemungkinan besar tenaga Lexus sudah memenuhi kriteria menghadapi tunggangan pelanggar hukum.

Dengan demikian, Lexus LC 500 tetap mengandalkan mesin V8 5.0L yang yang mampu menyemburkan tenaga 471 daya kuda dan 540 Nm. Bekal yang dimiliki tentunya lebih dari cukup untuk mengejar dan menghentikan pengendara nakal di jalan raya.

Sebagai catatan, ini bukan kali perdana, kepolisian Jepang mendapatkan supercar sebagai bagian dari armada patroli.

Sebelumnya, ada Nissan GT-R dan beberapa model Honda NSX. Selain itu Mazda RX-7, Nissan Skyline R34, Nissan Skyline R33, dan Subaru.

Baca Juga: Hotman Paris Pemilik Perdana Lexus LM350, Ini Spesifikasi Mobilnya

Mobil Polisi Lalu Lintas Jepang tahun-tahun sebelumnya, Nissan GT-R [Carscoops].
Mobil Polisi Lalu Lintas Jepang tahun-tahun sebelumnya, Nissan GT-R [Carscoops].

Toh, kepolisian Dubai sejauh ini masih memegang rekor paling mencolok untuk urusan mobil patroli.

Komentar