alexametrics

Tips Merawat Mobil Agar Turut Menaikkan Harga Jual

RR Ukirsari Manggalani
Tips Merawat Mobil Agar Turut Menaikkan Harga Jual
Tak kurang dari 170 titik akan diperiksa inspector Carsome bagi mobil bekas yang hendak djual [Dok Carsome Indonesia].

Tips bagi para pemilik mobil bila ingin harga jual kembali kendaraannya tetap bagus.

Suara.com - Rutin melakukan perawatan mobil sudah menjadi kewajiban bagi para pemiliknya. Ada banyak sasaran yang bisa dicapai dengan rajin membersihkan tunggangan kesayangan. Mulai pemenuhan unsur kebersihan, kesehatan, sampai keawetan komponen. Dan jangan lupa satu hal: harga jual kembali sebagai mobil bekas tetap bagus.

Memang, dalam menjual mobil second hand atau mobil bekas, model dan spesifikasi memberikan pengaruh penting. Namun, dengan melakukan perawatan mobil yang membuat tampilan fisiknya tetap bagus ditambah komponen tetap berkualitas, selling point juga bakal meningkat.

Dalam acara virtual editor luncheon, kepada Suara.com, Delly Nugraha, General Country Manager Carsome Indonesia menyebutkan dalam proses penjualan mobil bekas, inspector akan memeriksa lebih dari 100 titik di kendaraan roda empat untuk dilihat kelayakannya.

Dari pemeriksaan materi yang hendak dijual itu, kondisi mobil akan mempengaruhi harga. Bila ingin mendapatkan nilai nominal terbaik, tentu saja mesti menyiapkan kendaraan dalam kondisi maksimal.

Baca Juga: Daftar Komponen yang Berpotensi Rusak Jika Mobil Terendam Banjir

Ilustrasi cuci mobil. [Shutterstock]
Ilustrasi cuci mobil. [Shutterstock]

Berikut tips merawat mobil dari Carsome, yang tidak saja membuat kondisi fisik dan visual apik, namun ikut menaikkan harga jual si kendaraan.

Tips merawat mobil agar mendapatkan harga jual kembali yang menarik:

1. Jaga kondisi kelistrikan mobil

  • Bagian kelistrikan wajib diperhatikan, sama seperti perawatan mesin. Termasuk di dalamnya adalah fitur mutakhir yang dimiliki, contohnya immobilizer.
  • Jaga agar fungsi kelistrikan mobil tetap maksimal, dan rutin periksa di bengkel terpercaya.

2. Perhatikan kondisi mesin

  • Agar kinerjanya optimal, lakukan servis berkala seperti ganti oli setelah mencapai jarak atau waktu tertentu sesuai buku manual.
  • Perhatikan indikator selalu berfungsi dengan baik.
  • Selalu periksa ke bengkel terpercaya setelah kendaraan diajak berperjalanan jauh.

3. Jaga kondisi body mobil

Baca Juga: Tips Merawat Mobil di Rumah Saat Cuti Bersama

  • Kondisi body mobil yang lecet atau baret adalah hal biasa, mengingat akan dijual sebagai mobil bekas. Namun perlu dilihat pula kondisi mulus tidaknya dibandingkan dengan tahun pembuatan. Bila masih baru namun goresan sedemikian banyak tentu tidak berimbang. Mungkin pemilik terdahulu tidak mengurusnya dengan apik dan rapi.
  • Jangan mencuci mobil sembarangan yang berakibat buruk pada body. Dari serangkaian pengalaman, kondisi baret terjadi saat mencuci mobil, yaitu penggunaan penyeka atau lap tidak sesuai peruntukan.
  • Hati-hati saat mengemudikan mobil, sehingga mengurangi risiko menyerempet yang memberikan tanda pada body.

Komentar