alexametrics

Marak Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil, Ini Tips Parkir di Tempat Umum

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Marak Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil, Ini Tips Parkir di Tempat Umum
Tindakan pencurian dengan modus operandi pecah kaca mobil Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Terjadi pada penyanyi Anji dan dr Tirta, coba lakukan tindak preventif seperti ini.

Suara.com - Kejadian pencurian yang menimpa penyanyi Anji dan tenaga medis sekaligus influencer dr Tirta bisa dijadikan wacana bagi para pemilik mobil saat memarkir kendaraan di tempat umum. Mobil kedua sosok kondang ini digasak dengan modus operandi pecah kaca mobil.

Jadi, pencuri bukan mengincar mobil untuk dibawa kabur. Namun menjadikan barang-barang berharga yang ada di kabin sebagai sasaran tindak kriminalnya.

Sebagai tindak preventif kejadian yang dialami dr Tirta dan Anji, berikut adalah tips dari Garda Oto. Khususnya tentang parkir di tempat umum.

Mari simak bersama, tips aman saat memarkir kendaraan di tempat umum:

Baca Juga: Modus Pecah Kaca Mobil, Maling Gasak Isi Kabin Penyanyi Anji

Maling mobil dengan modus operandi pecah kaca. Terjadi pada mobil musisi Anji [Instagram: @duniamanji].
Maling mobil dengan modus operandi pecah kaca. Terjadi pada mobil musisi Anji [Instagram: @duniamanji].

1. Pasang alarm dan gunakan kunci tambahan

Alarm adalah pelindung paling umum yang wajib dimiliki. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian. Ketika mobil dibuka paksa, secara otomatis alarm mengeluarkan suara nyaring yang membuat pencuri tidak leluasa beraksi.

Tidak cukup dengan alarm, gunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada setir ataupun roda kendaraan.

2. Tidak meninggalkan barang berharga di mobil

Cara ini bertujuan agar pencuri tidak menaruh perhatian kepada si mobil.

Baca Juga: Maling Pecah Kaca Mobil Beraksi di Batam, Mobil Servis Daihatsu Jadi Korban

Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil, apalagi sampai terlihat dari luar. Bila terpaksa, sembunyikan barang-barang di tempat yang tidak terlihat saat dilihat dari luar.

Pada kasus dr Tirta dan Anji, pencuri menggondol laptop dan barang berharga. Oleh karena itu pastikan tidak meninggalkan barang berharga di kendaraan walau sebentar.

3. Parkirlah mobil di tempat berpenerangan cukup

Hindari parkir mobil di tempat yang gelap, karena akan menjadi sasaran empuk pencuri. Bila diparkir di area terang, pencuri akan berpikir dua kali karena takut kelihatan warga setempat.

4. Pasang stiker keamanan di mobil

Pasang stiker kreatif yang bertuliskan mobil ini dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Jika ada orang yang berani mencuri mobil, setidaknya si pencuri akan berpikir saat membaca stiker ini.

5. Jangan menyimpan uang di dalam mobil

Jangan sekali-kali menyimpan uang di dalam mobil, sekalipun cuma Rp100 ribu yang mudah terlihat dari luar. Misalnya ada di jok atau konsol boks. Hal ini bisa menarik perhatian orang lain untuk membobol mobil.

6. Kenali lokasi dan dengar cerita yang beredar

Lokasi parkir dan tujuan bisa turut membantu pengamanan atas tunggangan kesayangan. Bila namanya kerap muncul di media massa atau pernah ada kejadian, apalagi pengalaman orang yang dikenal, sebaiknya menjadi bahan pertimbangan saat mencari parkir.

Komentar