alexametrics

Kaleidoskop Oto: Launching Bersamaan Dua Mobil Sekaligus pada 2020

RR Ukirsari Manggalani
Kaleidoskop Oto: Launching Bersamaan Dua Mobil Sekaligus pada 2020
Beda Toyota Alphard dan Vellfire. Sebuah New Toyota Vellfire (kiri) dan New Toyota Alphard [Dok Toyota Astra Motor]

Pandemi COVID-19 tak mengurangi semangat carmaker di Indonesia menghadirkan produk baru. Bahkan muncul berduaan atau bersamaan.

Suara.com - Situasi pandemi global telah mengubah carmaker atau para produsen otomotif dalam memasarkan produknya. Ketika kegiatan luring atau luar jaringan seperti pameran otomotif tidak mungkin mewadahi peluncuran produk baru terkait pembatasan pengunjung agar tidak terjadi kerumunan, virtual launching menjadi solusi.

Uniknya, terkadang mobil yang disuguhkan kepada masyarakat dan pasar otomotif Nasional tidak sebatas satu model namun diluncurkan berduaan, bersamaan, atau bisa disebut pairing. Tentu saja menghadirkan keseruan, karena memberikan opsi lebih besar bagi calon konsumen dalam memilih produk.

Inilah jajaran mobil passenger car yang meluncur pairing atau bersamaan sepanjang 2020 berdasar kronologis bulan terbitnya:

Pada Februari menjelang Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, PT Toyota Astra Motor meluncurkan produk premium New Toyota Alphard dan New Toyota Vellfire yang dilengkapi fitur keselamatan baru bertajuk Toyota Safety Sense.

Baca Juga: Launching Saat Pandemi, Aprilia SXR 160 Tampilkan Warna Baru Terkini

Hadirnya fitur Pre-Collision System (PCS) membuat konsumen kedua produk ini mendapatkan perlindungan dari sistem radar yang terintegrasi, dengan warning system potensi bentukan diberikan via audio dan visual.

Kemudian pada Maret, PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan New Daihatsu Sirion dan New Daihatsu Ayla. Duo city car ini adalah versi 2020 dan hadir dalam warna baru.

Yaitu Yellow Metalic untuk New Daihatsu Ayla 2020 dan Silver Metalic bagi New Daihatsu Sirion 2020. Dan banderol keduanya berkisar Rp101.650 juta OTR Jakarta sampai Rp201 juta OTR Jakarta.

Dari produsen Eropa, pada September 2020 hadir Mercedes-Benz GLA 200 dan Mercedes-Benz GLB 200 untuk mengisi pasar mobil mewah Tanah Air.

Keduanya menyandang mesin 1.332cc 4-silinder turbo, juga dilengkapi fitur active brake assist dengan pengereman otomatis.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Launching dan Touring Rolls-Royce, Maserati, KEK Mandalika

Banderol yang ditawarkan untuk Mercedes-Benz GLB 200 Progressive Line adalah Rp829 juta (off-the-road), dan untuk Mercedes-Benz GLA 200 Progressive Line adalah Rp779 juta (off-the-road).

Lantas pada Oktober, kembali PT Toyota Astra Motor meluncurkan dua produk. Kali ini adalah New Toyota Fortuner 2020 dan New Toyota Kijang Innova 2020.

Tampil dalam bentuk produk facelift, Toyota Fortuner muncul dengan New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, ditambah ornamen chrome pada bumper, grille, serta fog lamp.

Sedang mesinnya adalah tipe diesel ramah lingkungan 2GD-FTV 2.400cc yang sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Muncul dalam delapan tipe, banderolnya Rp504,9 - Rp704,5 juta.

Kemudian dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) merilis Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Mitsubishi Xpander Black Edition.

Tema yang ditawarkan adalah "Adventure in Black" hadir dengan jumlah terbatas, yakni 1.000 unit untuk Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition, dan 500 unit untuk Mitsubishi Xpander Black Edition.

Banderol untuk Mitsubishi Xpander Black Edition M/T adalah Rp257.100.000 (OTR DKI Jakarta), dan Rp267.500.000 untuk Mitsubishi Xpander Black Edition A/T.

1. Eksklusif, New Alphard dan New Vellfire Terima Sentuhan Baru

Toyota Alphard facelift yang dirilis pada 2020 [Dok PT Toyota Astra Motor].
Toyota Alphard facelift yang dirilis pada 2020 [Dok PT Toyota Astra Motor].

Mengawali 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi sentuhan baru pada dua model premiumnya, yaitu Alphard dan Vellfire.

Alphard dan Vellfire pada 2019 berhasil membukukan penjualan wholesales 4.637 unit, kini dilengkapi fitur Toyota Safety Sense yang menghadirkan fitur-fitur keselamatan berkendara dengan standar tertinggi semakin lengkap, seperti PCS, LDA, DRCC dan AHB. Sementara untuk kenyamanan lebih, keduanya kini didukung fitur entertainment dilengkapi layar lebih lebar.

Baca selengkapnya

2. Daihatsu Sirion Raih Gelar Mobil Terbaik Pilihan Anak Muda Indonesia

Daihatsu Sirion yang diluncurkan secara virtual pada Maret 2020 [Dok PT Astra Daihatsu Motor].
Daihatsu Sirion yang diluncurkan secara virtual pada Maret 2020 [Dok PT Astra Daihatsu Motor].

Daihatsu Sirion sukses menyabet gelar city car terbaik pilihan anak muda Indonesia dalam ajang Marketeers Youth Choice Brands of The Year 2020. Sebuah acara yang dihelat MarkPlus, Inc pada 25-26 November lalu dan bertujuan memberikan apresiasi kepada berbagai brand pilihan Generasi Z atau Gen Z. Sebuah kelompok usia dari anggota masyarakat kelahiran 1995 - 2010.

Dipetik dari rilis resmi Daihatsu sebagaimana diterima Suara.com, penghargaan city car terbaik serta brand itu dinilai lewat survei online Marketeers pada periode Oktober hingga November 2020. Ada 1.300 responden dari Gen Z di seluruh Indonesia dengan rentang usia 18–25 tahun dan mayoritas adalah mahasiswa berpartisipasi dalam survei ini.

Baca selengkapnya

3. Kembaran, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Siap Meluncur Bersama!

Toyota memperkenalkan New Toyota Agya di Jakarta pada 2017  [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]
Toyota memperkenalkan New Toyota Agya di Jakarta pada 2017 [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Perusahaan aliansi otomotif Toyota dan Daihatsu siap meluncurkan sepasang produk kembarnya secara bersamaan dalam waktu dekat.

Kali ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan meluncurkan produk kategori Low Cost Green Car (LCGC), yakni Agya dan Ayla versi penyegaran atau facelift.

Baca selengkapnya

4. Resmi, New Toyota Fortuner dan New Toyota Kijang Innova Hadir di Indonesia

New Toyota Fortuner resmi meluncur (15/10/2020) [PT Toyota Astra Motor].
New Toyota Fortuner resmi meluncur (15/10/2020) [PT Toyota Astra Motor].

PT Toyota Astra Motor (TAM), Kamis (15/10/2020) melengkapi series produk Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) dengan meluncurkan New Fortuner dan New Kijang Innova dalam virtual launching.

Dua market leader di masing-masing segmennya itu kini tampil lebih kokoh dan semakin nyaman. Pembaruan pada berbagai sektor. Mulai eksterior, interior, safety membuat New Toyota Fortuner dan New Toyota Kijang Innova tampil makin mengesankan, sekaligus elegan.

Baca selengkapnya

5. Meluncur: Edisi Spesial Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross dari PT MMKSI

Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Teaser dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), pekan lalu tentang dua tunggangan andalannya yang berselubung hitam, kini digulung sudah. Inilah edisi spesial Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Mitsubishi Xpander Black Edition, dengan tagline "Adventure in Black".

Hadir dari distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), sepasang produk ni hadir bersama-sama berdua pada hari ini, Selasa (20/101/2020).

Baca selengkapnya

Komentar