alexametrics

Lilik Gunawan dan Achmadi Balda Touring Antarnegara Kedua Kali Pakai Skutik

RR Ukirsari Manggalani
Lilik Gunawan dan Achmadi Balda Touring Antarnegara Kedua Kali Pakai Skutik
Balda, putra Lilik Gunawan yang masih berusia 5 tahun bersama Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao,didampingi Lilik Gunawan (kaos merah kuning) dan komunitas bikers negara itu [Dok Lilik Gunawan].

Sesi perdana berlangsung sekitar dua tahun silam, dari Indonesia menuju Arab Saudi. Kini Indonesia ke Timor Leste.

Suara.com - Masih ingatkah pada sosok Lilik Gunawan? Seorang lelaki yang mengarungi perjalanan bermotor bersama anak lelakinya, Achmadi Balda, dari Jambi hingga ke Arab Saudi untuk menemui istri dan sang ibu tengah menunaikan ibadah haji. Saat itu, ia mengandalkan Yamaha NMax 155 dan menyebutkan perjalanan bermotornya untuk sang ibu, baik ibundanya sendiri maupun ibu dari Balda, yang tidak lain adalah istrinya.

Kini, masih dalam misi tentang ibu, Lilik Gunawan melakukan misi "Ride to The East" dalam rangka mengumpulkan surat cinta bagi ibu, dari Presiden Pertama Republik Demokratik Timor Leste, (RDTL) Xanana Gusmao.

Rencananya, surat bapak presiden itu akan menjadi bahan penulisan buku yang tengah disiapkan Lilik Gunawan.

Berdua Balda yang berusia lima tahun, Lilik Gunawan mengaspal dari Indonesia pada 28 Oktober 2020. Ya, bertepatan dengan hari peringatan Sumpah Pemuda. Touring jarak jauh ini mengandalkan Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS 2020, dan tiba di Timor Leste pada 18 Desember 2020.

Baca Juga: Paten Jadi Partner Touring, Inilah Honda Gold Wing 2021

Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS milik Lilik Gunawan dikawal patroli polisi RDTL telah menempuh 5.021 km [Dok. Lilik Gunawan].
Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS milik Lilik Gunawan dikawal patroli polisi RDTL telah menempuh 5.021 km [Dok. Lilik Gunawan].

Acara berjumpa Xanana Gusmao berlangsung di ibu kota Timor Leste, Dili, pada 9 Januari 2021 bersama komunitas biker setempat.

Dan sepeda motor tunggangan Lilik Gunawan mencetak sebuah rekor, yaitu menjadi Yamaha All New NMax 155 pertama dan satu satunya yang mengaspal di negara itu. Demikian dikutip dari rilis Yamaha Indonesia.

Panjang lintasan total yang ditempuh ayah dan anak itu mencapai 5.021 km, melewati:

  • 12 provinsi: Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat
    Tujuh pulau: Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Timor
  • Dua negara: Indonesia, Republik Demokratik Timor Leste
  • Dalam durasi sekitar 50 hari perjalanan.

"Tidak ada kendala yang berarti, hanya cuaca yang cukup ekstrem di beberapa spot. Seperti pesisir Barat Sumatera, pesisir Selatan Jawa, dan sepanjang jalur Pulau Sumbawa dan Flores. Selebihnya aman. Sejauh ini tunggangan juga baik-baik saja, motor terbukti tangguh dan tidak rewel. Selama perjalnaan ribuan kilometer tidak ada penggantian part yang signifikan, hanya ganti oli dan kampas rem, itu pun ketika memasuki wilayah Timur Indonesia di Atambua," kata Lilik Gunawan tentang tunggangan yang telah mengantar keduanya menjelajahi dua negara.

"Banyak sekali cerita menarik di sepanjang perjalanan, di antaranya sambutan para biker yang sangat antusias. Sehingga membuat perjalanan menjadi nyaman meski waktu harus lewat dari rencana, karena banyaknya bikers yang mengajak kopdar (kopi darat) dan memberi ruang bagi saya serta Balda untuk bercerita," imbuhnya.

Baca Juga: Biker Tes Rapid Antigen, Ini Tips Buat Touring Pakai Motor Kesayangan

Ajakan untuk jumpa serta pesan sesama pencinta roda dua ini diperoleh dan dipantau Lilik Gunawan melalui notifikasi di speedometer yang sudah pairing dengan Yamaha Y-Connect.

"Memantau kondisi baterai juga oli motor juga saya pantau dari Y-Connect. Jadi bisa real-time cek kondisinya. Terus lihat telemetri jarak dan konsumsi bahan bakar, itu penting bagi saya untuk membuat catatan perjalanan dan lakukan estimasi kebutuhan bensin, waktu, dan kebutuhan lainnya di perjalanan," pungkasnya.

Komentar