alexametrics

Fokus Mobil Listrik, Volkswagen Grup Dikabarkan Lepas Porsche

Bimo Aria Fundrika | Manuel Jeghesta Nainggolan
Fokus Mobil Listrik, Volkswagen Grup Dikabarkan Lepas Porsche
DC wallbox, salah satu dari tiga perangkat pengisi daya baterai mobil listrik Volkswagen [Volkswagen via ANTARA].

Mahalnya biaya transisi untuk beralih ke kendaraan listrik menjadi salah satu alasannya.

Suara.com - Kepala keuangan Porsche, Lutz Meschke mengungkapkan kemungkinan Volkswagen Grup untuk melepas Porsche. Menurutnya sebuah diskusi internal telah dilakukan baru-baru ini dan kemungkinan Porsche akan dilepas.

"Keputusan harus dibuat oleh manajemen dan dewan pengawas Volkswagen. Kami telah membahas sebagian besar keuntungan dari penawaran jika Porsche sampai dilepas," kata Meschke, dikutip dari Carscoops. 

Sebelumnya, Meschke telah menyampaikan kekagumannya atas keputusan FCA yang berani untuk melepas Ferrari. Sementara Porsche dapat bernilai $ 83,3 miliar jika dilepas untuk umum.

Niatan Volkswagen Grup untuk melepas Porseche tentu bukan tanpa sebab. Mahalnya biaya transisi untuk beralih ke kendaraan listrik menjadi salah satu alasannya.

Baca Juga: Warga Punya Casan Mobil Listrik di Rumah Dapat Diskon 30 Persen dari PLN

Logo Volkswagen. (Shutterstock)
Logo Volkswagen. (Shutterstock)

Pasalnya raksasa otomotif asal Jerman tersebut memasang target untuk dapat menjadi pemimpin kendaraan listrik pada tahun 2025. Target Volkswagen untuk melampaui Tesla yang saat untuk menjadi pemimpin mobil listrik akan menelan biaya yang tidak sedikit.

Namun demikian, rencana tersebut mendongkrak harga saham Volkswagen. Awal pekan ini, harga saham perusahaan melonjak hingga 70 persen dari tahun lalu.

Pencapaian tersebut naik ke titik tertinggi sejak April 2015, tepat sebelum skandal kecurangan emisi yang menimpa perusahaan. 

Meskipun Volkswagen memutuskan untuk menjadikan Porsche sebagai perusahaan publik, Meschke mengatakan raksasa otomotif tersebut tetap mengharapkan dividen untuk kesuksesan Porsche.

Baca Juga: Tarif PPnBM Mobil Listrik Bakal Naik, Pengamat Otomotif Menyatakan Ini

Komentar