alexametrics

Obituari Pangeran Philip, Duke of Edinburgh: Sosok Pencinta Otomotif Sejati

RR Ukirsari Manggalani
Obituari Pangeran Philip, Duke of Edinburgh: Sosok Pencinta Otomotif Sejati
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip dari Inggris, Duke of Edinburgh di atas sebuah Range Rover, tengah melambai kepada para tamu saat menghadiri Patron's Lunch di Mall, sebuah acara untuk menandai ulang tahun official Sang Ratu ke-90 di London (12/6/2016) [AFP/Bruce Adams].

Semasa hidupnya, Duke of Edinburgh sangat menikmati berada di balik kemudi.

Suara.com - Kabar duka datang dari Istana Windsor, Inggris, Britania Raya, yang mengabarkan bahwa Yang Mulia Pangeran Philip Mountbatten, Duke of Edinburgh, suami dari Ratu Elizabeth II telah mangkat dalam usia 99 tahun (10/6/1921-9/4/2021).

Semasa hidupnya, Pangeran Philip dikenal sebagai sosok yang akrab dengan dunia otomotif. Bila sang istri andal mengemudikan Land Rover dan memiliki kecakapan sebagai mekanik mobil dalam Perang Dunia Kedua, sosoknya tidak banyak berbeda.

Pangeran Philip bertugas sebagai tentara Royal Navy di Perang Dunia Kedua, menjabat sebagai komandan kapal frigate HMS Magpie, dan bertugas untuk armada laut di kawasan Mediterranean dan Pasifik. Di luar tugasnya, beliau kerap berada di balik kemudi berbagai jenis kendaraan roda empat bahkan tank.

Pangeran Philip, Duke of Edinburgh mendampingi Ratu Elizabeth II menyapa para pengunjung di hari ulang tahun Sri Ratu ke-90 di Windsor, barat London (21/4/2016) [AFP/Justin Tallis].
Pangeran Philip, Duke of Edinburgh mendampingi Ratu Elizabeth II menyapa para pengunjung di hari ulang tahun Sri Ratu ke-90 di Windsor, barat London (21/4/2016) [AFP/Justin Tallis].

Kesukaannya akan mobil baru berhenti sekitar tiga tahun silam (9/2/2019), saat  Istana Buckingham mengumumkan bahwa Pangeran Philip--saat itu berusia 97 tahun--secara sukarela menyerahkan Surat Izin Mengemudi (SIM) ke pihak Kepolisian Norfolk. Sebelumnya, beliau masih mengemudikan sendiri Land Rover Freelander di sekitar Istana Sandringham, Norfolk.

Baca Juga: SUV Mewah Range Rover SVAutobiography Ultimate Tembus Rp2,5 M

Seperti dikutip dari salah satu harian Britania Raya, The Express, Duke of Edinburgh memang tidak segan mengemudikan mobil sendiri saat melakukan kunjungan resmi kerajaan, maupun di berbagai kesempatan.

Antara lain saat mengunjungi pabrik mobil Rootes di Linwood, Skotlandia, pada Juli 1963, beliau menyetir sendiri sebuah Hillman Imp dalam kecepatan tinggi mendekati 100 km per jam. Atau menjajal Fiat 500cc saat bertandang ke pabrik Fiat di Turin, Italia.

Di kesempatan lain, tampak mengemudikan Leyland Bus jenis double decker, dan menyopiri tank Chieftain.

Pernah juga ikut turun berlaga bersama sebuah Aston Martin klasik di Sirkuit Goodwood, Sussex, Inggris, pada 1953. Dan berfoto bersama juara dunia balap Formula One (F1), mendiang James Hunt.

Tentang kisah cintanya dengan Ratu Elizabeth II, sebuah mobil sport MG klasik menjadi saksi masa pacaran keduanya. Di mana sang istri mengenangnya, "Ia senang ngebut, dan sangat bangga dengan mobil mungil MG klasiknya."

Baca Juga: Baru: Land Rover Discovery Sport dan Range Rover Evoque Bertenaga Listrik

"Ia mengajak jalan-jalan naik mobilnya, sampai pusat kota London. Sungguh menyenangkan, meski roda mobil begitu tinggi," ujar Sri Ratu dalam sebuah kesempatan penyusunan buku anggota kerajaan Inggris.

Soal cinta keluarga, ada saksi satu unit Aston Martin Lagonda dilengkapi telepon, yang digunakan Pangeran Philip untuk menggoda anak-anaknya, Pangeran Charles dan Putri Anne saat keduanya masih kecil.

Sampai kini, mobil itu masih menjadi bagian dari mobil koleksi kerajaan di Istana Sandringham.

Komentar