alexametrics

Cara Mudah Merawat Spion Mobil Agar Tak Cepat Kusam

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Cara Mudah Merawat Spion Mobil Agar Tak Cepat Kusam
Spion yang dirawat akan membantu kegiatan mengemudi, termasuk saat digunakan dalam kondisi cahaya tidak bersahabat [Envato Elements/SundryPhotography].

Spion mesti bisa memberikan pandangan yang jelas agar optimal membantu aktivitas mengemudi.

Suara.com - Spion mobil berfungsi agar pengemudi bisa memantau kondisi di kedua sisi samping kendaraan, tanpa harus menoleh ke samping. Juga mengambil tindakan yang dibutuhkan agar terhindar dari kecelakaan saat melaju maupun saat memarkir tunggangan ini.

Melihat fungsinya yang sangat penting, spion perlu dirawat. Mengutip laman Deltalube, begini beberapa cara mudah untuk merawat spion samping mobil.

Inilah cara bersihkan spion mobil agar tidak mudah kusam:

Kaca spion yang dirawat akan memberikan bantuan secara optimal pada kegiatan mengemudi [Envato Elements/twenty20photographs].
Kaca spion yang dirawat akan memberikan bantuan secara optimal pada kegiatan mengemudi [Envato Elements/twenty20photographs].

Segera dirawat saat terkena hujan

Baca Juga: Detik-Detik Spion Mobil Ibnu Jamil Digondol Maling, Pencuri Tampak Santai

  • Melihat fungsinya yang sangat penting untuk merefleksikan pandangan di samping mobil, pengguna harus menjaga agar visibilitas spion selalu maksimal. Salah satunya adalah membersihkan ketika terkena air hujan.
  • Saat terkena air, kaca spion berpotensi dihinggapi kotoran yang berasal dari cipratan air di jalan. Selain itu, air hujan juga berpotensi menimbulkan jamur yang sulit dihilangkan.
  • Cukup disiram air dan dikeringkan pakai lap halus dan bersih, spion akan resik kembali.

Membersihkan spion yang berjamur

  • Jamur kaca disebabkan karena kotoran dan air hujan yang lama hinggap di kaca spion. Efeknya, "ketajaman" spion berkurang atau jadi tidak jelas. Jika sudah begini tentu tidak bisa dibersihkan dengan air bersih.
  • Jamur kaca bisa dibersihkan menggunakan cairan khusus untuk pembersih kaca agar bisa hilang dan visibilitas spion kembali normal.
  • Di pasar juga tersedia produk pelapis kaca spion samping yang membuat permukaan kaca memiliki efek seperti daun talas. Artinya air tidak menempel di permukaan kaca. Produk ini sangat membantu visibilitas ketika hujan deras.

Lipat spion saat parkir

  • Melipat spion saat mobil sedang dalam keadaan parkir adalah cara ampuh untuk menjaga keawetan dari spion. Jadi dengan melipat spion, Anda akan terhindar dari potensi terbentur dengan kendaraan lain, sehingga spion terhindar dari kerusakan.

Komentar