alexametrics

Buat Kaum Hawa, Ini Tips Seru Merawat Mobil Sendiri

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Buat Kaum Hawa, Ini Tips Seru Merawat Mobil Sendiri
Seorang perempuan tengah memeriksa dek mobil. Sebagai ilustrasi kaum Hawa cekatan merawat mobil [Envato Elements/serhiibobyk].

Selain mengemudi sendiri, kaum perempuan bisa cekatan mengurus mobil lewat cara mengasyikkan ini.

Suara.com - Banyak perempuan memilih mengemudikan kendaraan sendiri untuk kebutuhan pekerjaan, maupun kepentingan keluarga. Tingginya mobilitas ini menuntut perawatan bagi si kendaraan. Ia harus dijaga dengan baik, dan perawatan juga mesti terjaga rutinitasnya.

Selain kaum Hawa pergi ke bengkel resmi untuk melakukan servis berkala, ada beberapa point yang bisa dikerjakan di rumah.

Hal ini diungkapkan Tegar Ardisura Raharja, Head of Marketing & Promotion Strategy Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).Ia menyebutkan, ada beberapa langkah perawatan ringan yang dapat dilakukan sendiri oleh para perempuan.

Cara wanita cuci mobil yang antimainstream (TikTok)
Cara perempuan cuci mobil anti mainstream. Sebagai ilustrasi  (TikTok)

Untuk merawat mobil bukan hanya sekadar memanaskan saja, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan, berupa pengecekan bagian lain. Juga kegiatan membersihkannya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Redam Laju Penyebaran Covid-19 dan Varian Baru, Mari Perketat Mobilitas

1. Check engine oil atau level oli mesin

  • Setelah mesin dipanaskan, cek level oli mesin dengan menarik stik level oli. Kemudian, bersihkan sedikit menggunakan kain lap atau tisu, lalu masukkan kembali. Kemudian tarik kembali batang stiknya, tujuannya agar level oli dapat terbaca dengan lebih akurat.
  • Tambahkan oli bila levelnya berkurang dari batas minimal. Upayakan agar level oli jangan melewati batas maksimal.

2. Check radiator coolant level atau level air radiator

  • Cara melakukan pengecekan sangat mudah, bisa dilakukan dengan melihat langsung ke tabung cadangan (Reservoir) cairan coolant.
  • Pastikan cairan berada di antara level maksimum dan minimum. kalau ada pengurangan cukup menambahkan saja, pastikan pemeriksaan ini dilakukan di tempat rata atau datar. Cara ini, bisa juga dilakukan untuk memeriksa cairan wiper, dan cairan red (brake fluid).

3. Cek kondisi aki

  • Aki merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Pastikan aki selalu dalam keadaan bersih, terutama bagian kepala aki. Bersihkan dengan kuas atau sikat halus, bila terlihat kotoran atau bahkan jamur.

4. Periksa kondisi ban

  • Selain ruang mesin, bagian yang tak kalah penting untuk dilakukan perawatan adalah ban. Apalagi bila mobil jarang dipakai tentunya membuat tekanan angin sangat mudah berkurang.

5. Panaskan mesin

Baca Juga: Hyundai Staria, MPV Serasa Pesawat Luar Angkasa untuk Era Mobilitas

  • Jangan lupa untuk memanaskan mesin ketika mobil jarang digunakan, tujuannya agar kondisi mesin dalam keadaan baik terutama di area kelistrikan.

6. Bersihkan kabin dan cuci mobil

  • Membersihkan kabin supaya kondisi kabin selalu dalam keadaan bersih dan terhindar dari bakteri serta virus.
  • Cuci mobil adalah kegiatan yang fun dan bisa menjadi sarana berolahraga. Perhatikan untuk tidak melakukannya langsung di bawah sinar matahari dan saat mesin panas.

Komentar