alexametrics

Izin Jajal Mobil Swakemudi di California Keluar, Nama Pony.ai Termasuk

RR Ukirsari Manggalani
Izin Jajal Mobil Swakemudi di California Keluar, Nama Pony.ai Termasuk
Mobilswakemudi Pony.ai yang menggunakan basis kendaraan produksi Lexus [ANTARA].

Pony.ai adalah startup di Amerika Serikat dan China, bermarkas di Ghuangzhou.

Suara.com - Delapan perusahaan menerima izin uji coba mobil swakemudi di Amerika Serikat. Yaitu Pony.ai, AutoX, Baidu, WeRide, US Companies Cruise, Nuro, Waymo, serta Zoox.

Nama-nama ini dipilih dari setidaknya 55 perusahaan yang mengajukan izin ke Departemen Kendaraan Bermotor California (DMV). Mereka dibolehkan melakukan pengetesan di beberapa county. Dan kekinian mulai mengujicobakan mobil tanpa pengemudi di Negara Bagian California.

Dikutip kantor berita Antara dari The Verge, Pony.ai adalah perusahaan rintisan atau startup yang baru saja mengembangkan kendaraan otonom.

Sebagai startup, Pony.ai bermarkas di Guangzhou, China dan Silicon Valley. Kini nilai perusahaannya ditaksir memiliki nilai 3 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Baca Juga: Trinity Project, Sedan Listrik Swakemudi dari Volkswagen

Mobil swakemudi Google, Waymo. [AFP]
Mobil swakemudi Google, Waymo.  Sebagai ilustrasi [AFP]

Investasi mereka pun diperkuat suntikan dana dari Toyota sebesar 400 juta dolar AS.

Perusahaan ini menyatakan akan menjadi penyedia layanan angkutan mobil daring swakemudi atau terautomasi pertama di China.

Adapun enam county yang jalan-jalannya menjadi lokasi uji coba adalah Fremont, Alameda, Santa Clara, Milpitas, Irvin, serta Orange County.

Mobil yang dioperasikan oleh Artificial Intelligence atau AI alias kecerdasan buatan ini diperbolehkan melenggang tanpa pengemudi dengan catatan kecepatan melaju dibatasi. Yaitu 72 km per jam atau kurang. Serta hanya boleh dilakukan saat cuaca cerah dan siang hari.

Uji coba pertama dilaksanakan di hari kerja pada pukul 10.00 pagi waktu California, hingga pukul 15.00 waktu setempat.

Baca Juga: Wuling Almaz Terbaru Sudah Punya Fitur Swakemudi?

Komentar