facebook

Best 5 Oto: Skuter Listrik Piaggio, New Mazda CX-3 Tetap Hadir di Tanah Air

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: Skuter Listrik Piaggio, New Mazda CX-3  Tetap Hadir di Tanah Air
Mazda CX-3 [Mazda].

Lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, ada skuter listrik Piaggio, New Mazda CX-3 di Indonesia dan Amerika, sampai diskusi workshop Grup Astra.

Suara.com - Piaggio ONE, chip semikonduktor, PT Astra Otoparts Tbk, langka, hentikan produksi, tips merawat motor, New Mazda CX-3, selera konsumen, dan industri komponen menjadi highlight dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com. Dipetik dari tuisan-tulisan yang tayang kemarin pagi hingga menjelang tengah malam tadi.

Beberapa saat lalu, terbetik kabar bahwa New Mazda CX-3 bakal tidak diproduksi lagi. Setelah ditelisik, rupanya penghentian ini hanya terjadi untuk pasar Amerika Serikat. Sementara di Indonesia sirkulasinya tetap mengalir tanpa hambatan. Rupanya, keputusan produk ini berangkat dari perbedaan selera konsumen yang ada di Tanah Air serta dari Negeri Paman Sam.

Masih dari dunia kendaraan roda empat, krisis pasokan chip semi konduktor masih terus berlanjut. Baik pabrikan yang berlokasi di Amerika Serikat maupun yang berada di Asia, terutama Jepang dan Korea merasakan dampaknya. Produksi terpaksa dihentikan untuk sementara waktu.

Situasi genting inilah yang membuat pemerintah Korea Selatan mengimbau dan berseru untuk penanganan chip semikonduktor.

Baca Juga: Deteksi Mobil Pakai Vehicle Diagnostic Tool, Silakan ke Astra Otoservice

Lantas ada pula diskusi yang digelar PT Astra International Tbk bagi para jurnalis. Beberapa topik menarik kami turunkan di sini, untuk memberikan gambaran tentang tantangan sektor otomotif kekinian, utamanya dari sudut pandang PT Astra Otoparts Tbk, yang menjadi pemasok utama komponn berbagai pabrik roda empat dan roda dua.

Kemudian beranjak ke sektor roda dua, Piaggo baru saja merilis Piaggio ONE. Sebuah skuter listrik dengan desain mengingatkan kepada Vespa mungil. Cara launching sendiri tersimak unik, melibatkan media sosial.

Dan jangan lupakan pula untuk senantiasa merawat sepeda motor kesayangan. Berikut adalah tips bagi kendaraan roda dua setelah menempuh perjalanan jauh dan digeber untuk sekian lama tanpa henti.

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat beraktivitas dan patuhi selalu protokol kesehatan.

1. Tips Rawat Motor Setelah Berkendara Jarak Jauh, Ini yang Harus Diperhatikan

Baca Juga: Peringatan! Kelangkaan Chip Terus Berlanjut hingga 2022

Berperjalanan dengan sepeda motor. Di masa pandemi perlu jaga jarak dan lakukan protokol kesehatan serta periksa kendaraan sebelum dan sesudah mengaspal. Sebagai ilustrasi [PT YIMM].
Berperjalanan dengan sepeda motor. Di masa pandemi perlu jaga jarak dan lakukan protokol kesehatan serta periksa kendaraan sebelum dan sesudah mengaspal. Sebagai ilustrasi [PT YIMM].

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, saat melakukan perjalanan berjarak jauh wajib memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Utamanya kelengkapan dokumen bebas virus Corona, dan protokol kesehatan. Untuk yang menggunakan sepeda motor, setelah berkendara jarak jauh ke zona yang aman dan diperbolehkan, perlu melakukan perawatan motor.

"Bagi pengguna sepeda motor, setelah berkendara jarak jauh baiknya memperhatikan perawatannya. Untuk itu, kami bagian sederet poin yang perlu diperhatikan supaya kondisi motor terjaga baik dan dapat dipergunakan untuk mendukung aktivitas," ungkap Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer PT Thamrin Brothers.

Baca selengkapnya

2. Piaggio Luncurkan Skuter Listrik Lewat Sosial Media, Sasar Anak Muda

Piaggio ONE yang meluncur via Tik Tok [Piaggio via ANTARA].
Piaggio ONE yang meluncur via Tik Tok [Piaggio via ANTARA].

Piaggio ONE adalah skuter listrik ringkas, ringan, lagi cerdas yang meluncur dari dapur Piaggio. Sasarannya adalah selera muda, penuh gaya, lagi pula akrab dunia internet. Alhasil platform virtual launching produk menggunakan Tik Tok.

Dikutip dari kantor berita Antara, skuter listrik Piaggio ONE siap debut di Beijing Motor Show, China, dalam dua hari mendatang (28/5/2021). Tren yang disandangnya adalah mobilitas perkotaan dan metropolitan.

Baca selengkapnya

3. Mazda Tegaskan Masih Pasarkan CX-3 di Indonesia

Mazda CX-3 SPORT 1.5 L warna Polymetal Grey [PT EMI].
Mazda CX-3 SPORT 1.5 L warna Polymetal Grey [PT EMI].

Menindaklanjuti kabar mengenai penghentian penjualan model Mazda tipe tertentu seperti New Mazda CX-3 dan juga New Mazda6 berdasarkan rilis resmi Mazda Amerika, PT Eurokars Motor Indonesia menegaskan bahwasanya kedua model unggulan ini tetap dijual untuk pasar Indonesia.

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, selaku Agen Pemegang Merk (APM) Mazda di Indonesia, menyatakan bahwa penghentian penjualan kedua model itu hanya berlaku untuk pasar Amerika. Sementara di Tanah Air, model ini akan terus dipasarkan.

Baca selengkapnya

4. Diskusi Workshop Astra International: Industri Komponen Sampai Mobil Listrik

PT Astra Otoparts Tbk melakukan seremoni pelepasan ekspor bersama (4/12/2020). Materi meliputi komponen  otomotif untuk pasar suku cadang pengganti (replacement market) dan segmen pabrikan (original equipment manufacturer/OEM). Sebagai ilustrasi [Grup Astra].
PT Astra Otoparts Tbk melakukan seremoni pelepasan ekspor bersama (4/12/2020). Materi meliputi komponen otomotif untuk pasar suku cadang pengganti (replacement market) dan segmen pabrikan (original equipment manufacturer/OEM). Sebagai ilustrasi [Grup Astra].

PT Astra International Tbk menggelar Workshop Wartawan Pasar Modal 2021 yang berlangsung kemarin, Selasa (25/5/2021) dan Kamis (27/5/2021). Suara.com hadir sebagai salah satu partisipan acara yang dikemas secara daring atau online terkait pencegahan masa pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Boy Kelana Soebroto, General Manager-Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka keterbukaan informasi terkini tentang perusahaan.

Baca selengkapnya

5. Chip Semikonduktor Makin Seret, Korea Selatan Imbau Produsen Asing

Hyundai Santa Cruz. Sebagai ilustrasi produk Hyundai, perusahaan yang ikut menangguhkan produksi karena kekurangan chip semikonduktor [Shutterstock].
Hyundai Santa Cruz. Sebagai ilustrasi produk Hyundai, perusahaan yang ikut menangguhkan produksi karena kekurangan chip semikonduktor [Shutterstock].

Pandemi Covid-19 belum reda dan kebutuhan konsumen akan barang-barang elektronik serta kendaraan roda empat terus berjalan. Rantai produksi pembuatan mobil tersendat secara global. Kini chip semikonduktor menjadi material langka. Beberapa carmaker  angkat tangan dan menangguhkan pembuatan produk.

Dikutip kantor berita Antara dari kantor berita Yonhap pada Selasa (25/5/2021), Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea Selatan telah meminta kepada perusahaan asing pembuat chip komputer mobil. Yaitu agar memasok produk mereka untuk produsen mobil lokal. Demikian sebut sumber pemerintah secara anonim.

Baca selengkapnya

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar