alexametrics

Terkait Airbag Takata, Chevrolet Indonesia Gelar Program Perbaikan Empat Model Mobilnya

RR Ukirsari Manggalani
Terkait Airbag Takata, Chevrolet Indonesia Gelar Program Perbaikan Empat Model Mobilnya
All-New Chevrolet Spark (warna merah) dan New Chevrolet Trax mengaspal di Tanah Air, Jakarta, Kamis (23/2/2017). Sebagai ilustrasi produk [Suara.com/Insan Akbar Krisnamusi]

Berikut daftar model-model produk Chevrolet Indonesia yang dikenai recall untuk perbaikan airbag.

Suara.com - Chevrolet Indonesia menggelar safety recall berupa program perbaikan airbag yang ditujukan kepada sekitar 8.000 unit produknya di Tanah Air. Dan mobil-mobil produksi ini berasal dari empat model.

Dikutip kantor berita Antara dari pernyataan resmi Chevrolet Indonesia, proses penggantian kantong penyelamat atau airbag bermerek Takata di bagian lingkar kemudi ini bisa dilakukan di 30 bengkel resmi (Authorized Service Outlet/ASO) Chevrolet di Indonesia.

"Hal itu tidak lain sebagai wujud komitmen Chevrolet Indonesia untuk terus menyediakan layanan purna jual, penyediaan suku cadang, perlindungan garansi (warranty) bagi seluruh pemilik mobil Chevrolet, termasuk perbaikan kendaraan di bawah kegiatan safety recall," jelas Dadan Ramadhani, Direktur Aftersales and Customer Care General Motors Indonesia, dalam siaran pers, Selasa (1/6/2021).

Ilustrasi: Airbag. (Shutterstock)
Ilustrasi Airbag (Shutterstock)

Peluncuran safety recall penggantian airbag ini diawali dari notifikasi National Highway Traffic Safety Administrator (NHTSA) Amerika Serikat. Badan penyelidik dan kampanye keamanan berkendara itu menemukan adanya risiko serpihan logam dari wadah propellant airbag bisa terlontar peranti bekerja atau mengembang. Hal ini bisa mengakibatkan cedera serius, bahkan kematian pengguna kendaraan.

Baca Juga: Royal Enfield Tarik 236 Ribu Produknya, Indonesia Termasuk

Chevrolet Indonesia menyatakan bahwa sekitar 8.000 kendaraan terdampak safety recall, dan sudah ada 30 persen dari jumlah ini yang mendapatkan penggantian airbag baru. Penggantian airbag itu memakan waktu sekitar satu jam dan tidak dipungut biaya.

Berikut adalah daftar model-model Chevrolet yang membutuhkan penanganan safety recall airbag:

  • Chevrolet Aveo : tahun produksi 2012 – 2014
  • Chevrolet Cruze : tahun produksi 2010 – 2013
  • Chevrolet Orlando : tahun produksi 2012 – 2017
  • Chevrolet Trax : tahun produksi 2016 - 2018

Komentar