alexametrics

Apple Gandeng Pemasok Baterai Mobil Listrik Asal China untuk Pengembangan Kendaraan?

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Apple Gandeng Pemasok Baterai Mobil Listrik Asal China untuk Pengembangan Kendaraan?
Toko terapung Apple di Singapura. Sebagai ilustrasi teknologi yang siap ditawarkan perusahaan ini [Dok Apple]

CEO Apple menyebutkan agar khalayak melihat perkembangan perusahaannya. Siapa tidak tertarik untuk pengembangan robot pun swakemudi?

Suara.com - Apple dilaporkan sedang dalam tahap pembicaraan dengan pabrikan baterai CATL dan BYD untuk mendapat pasokan baterai mobil listrik.

Beberapa sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan bahwa Apple mungkin akan menggunakan baterai lithium besi fosfat dari pabrikan asal China itu untuk kendaraan listrik mereka.

Pabrik baterai ini juga sedang melakukan penjajakan kepada Tesla Incorporation, dan berani menawarkan kisaran harga yang lebih rendah dibandingkan produsen baterai lainnya.

Apple memang belum mengkonfirmasi secara resmi soal rencana pengembangan mobil listrik. Namun CEO Tim Cook, baru-baru ini berbicara tentang peluang mobil swakemudi mereka hadir di masa depan.

Baca Juga: Best 5 Oto: Mobil Listrik Terbaru Tesla Batal Tampil, Uji Kendaraan Tenaga Angin

CEO Apple, Tim Cook. [Brooks Kraft/Apple Inc./AFP]
CEO Apple, Tim Cook. [AFP/Apple Inc./Brooks Kraft]

"Otonom itu sendiri adalah teknologi inti, dalam pandangan saya," kata Tim Cook, dikutip dari Carscoops.

Ia menambahkan, mobil dalam banyak hal adalah robot. Mobil otonom adalah robot. Jadi ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan teknologi swakemudi kelak.

"Mari simak bersama, apa yang akan dilakukan Apple. Saya tidak mengatakan bahwa kami tidak akan melakukannya," jelasnya.

Apple tentu bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang dikabarkan sedang menggarap mobil listrik. Saat ini, sejumlah produsen smartphone asal China, seperti Xiaomi dan Oppo dikabarkan juga melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Studi: Pengemudi Mobil Listrik Melakukan Perjalanan Lebih Jauh Setiap Tahunnya

Komentar