alexametrics

Ini Lima Fungsi Knalpot yang Mungkin Terlewat Diketahui

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ini Lima Fungsi Knalpot yang Mungkin Terlewat Diketahui
Ilustrasi knalpot mobil [Shutterstock]

Ada beberapa fungsi knalpot seru untuk diketahui. Ini lima di antaranya.

Suara.com - Knalpot pada kendaraan identik dengan luaran suara atau bunyi dan gas yang dihasilkan dari pembakaran di dapur pacu. Terkadang, komponen ini menimbulkan bising, apalagi pada mobil yang dilengkapi dua knalpot.

Pada dasarnya, knalpot adalah bagian dari kendaraan yang dipasang untuk tujuan sebagai saluran pembuangan. Setiap mesin pembakaran yang terdapat dalam mobil mengeluarkan sisa hasil pembakaran.

Hasil proses yang berlangsung di mesin pembakaran ini akan dibuang melalui saluran berbentuk pipa. Oleh karena itulah knalpot selalu diletakkan di bagian buritan, dan menghadap ke belakang. Agar sisa pembakaran dibuang ke arah yang tidak membahayakan pengguna.

Modifikasi Suzuki Ignisadalah hasil kolaborasi IMX dengan Garasi Drift serta didukung Suzuki Indonesia. Bertabur produk aftermarket dengan pengerjaan terbaik dari modifikator-modifikator Tanah Air [Dok IMX].
Modifikasi Suzuki Ignis. Sebagai ilustrasi aksi kosmetik di bagian eksterior termasuk knalpot [Dok IMX].

Selain fungsi tadi, disitat dari laman Suzuki Indonesia, setidaknya ada lima fungsi knalpot yang jarang diketahui.

Baca Juga: Kocak! Pria Ini Ungkap Sejarah Nama-Nama Pabrikan Motor Berdasarkan Suara Knalpot

Yaitu, simak lima fungsi saluran pembuangan ini:

 1. Meredam Suara dari Ruang Bakar

  • Fungsi yang pertama adalah kemampuan dalam meredam suara bising dari ruang bakar. Pada saat udara bercampur dengan bahan bakar di ruang bakar akan muncul ledakan dan tentu saja terjadi suara bising.
  • Oleh karena itu ketika knalpot dilepaskan, suara yang sangat mengganggu akan terdengar. Sedangkan ketika knalpot dipasang suara itu justru hilang. Hal inilah yang terjadi pada jenis-jenis kendaraan modern.

2. Meningkatkan Tenaga yang Dimiliki Kendaraan

  • Walaupun tidak mutlak, namun knalpot berpotensi untuk bisa meningkatkan tenaga pada kendaraan. Hanya cara ini berfungsi dengan baik jika knalpot didesain dengan tepat dan penambahan bahan yang sesuai. Knalpot perlu disesuaikan dengan mesin.
  • Hal ini paling sering diterapkan pada kendaraan motor 2-tak yang memiliki fungsi gaya balik pada gas buang berkat adanya chamber.
  • Chamber sendiri berfungsi untuk memutar gas masuk dan buang saat proses pembakaran berlangsung. Jika knalpot yang dipasang bisa menyesuaikan dengan mesin, maka power tersembunyi pada motor bisa ditingkatkan.

3. Menjadi Aksesoris atau Pemanis Kendaraan

  • Fungsi knalpot lainnya adalah sebagai ornamen kendaraan. Pada mobil yang dimodifikasi, knalpot juga ikut diganti. Ada yang menggunakan bahan chrome bahkan ukurannya bervariasi.
  • Tak sedikit juga dalam ajang kontes modifikasi kendaraan bermotor, knalpot menjadi salah satu penilaian.
  • Kesesuaian desain knalpot dengan keseluruhan kendaraan menjadi poin penting sehingga para pemilik kendaraan memilih yang tepat.

4. Berfungsi untuk Mengurangi Polusi Udara

Baca Juga: Potret Yamaha V-Ixion Evolusi Jadi Lamborghini, Publik: Skin Legend Nih!

  • Sisa pembakaran mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini sangatlah berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi.
  • Kini knalpot juga difungsikan sebagai alat untuk mengurangi polusi.
  • Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang.

5. Mengurangi Bobot Kendaraan

  • Beberapa jenis knalpot yang jadi standar dari pabrikan menggunakan material dan dimensi yang bervariasi.
  • Pemilihan knalpot yang ringan akan membuat kendaraan jadi bisa berakselerasi menggunakan handling lebih bagus.
  • Kebanyakan jenis knalpot ini digunakan untuk kendaraan yang performanya tinggi.

Komentar