alexametrics

Asuransi Astra Ajak Mahasiswa Wujudkan Indonesia Sehat Lewat Kreasi #AksiMudaIndonesia

RR Ukirsari Manggalani
Asuransi Astra Ajak Mahasiswa Wujudkan Indonesia Sehat Lewat Kreasi #AksiMudaIndonesia
Ilustrasi donor darah [Shutterstock].

Kegiatan seperti donor darah dan makin peduli kesehatan menghadapi pandemi Covid-19 diharap memicu kreativitas mahasiswa di bidang ini.

Suara.com - Asuransi Astra, salah satu bagian dari PT Astra International Tbk., yang bergerak antara lain di bidang otomotif baru saja menggelar talkshow. Berlangsung Selasa (29/6/2021), topiknya adalah mendirikan Blood for Life Indonesia, yang dihadirkan pembicara Valencia M. Randa. Dan harapannya bisa menjadi inspirasi rekan-rekan mahasiswa untuk ikut berkontribusi di ajang #AksiMudaIndonesia guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia di bidang kesehatan.

Di masa pandemi Covid-19, isu kesehatan semakin menjadi perhatian utama seluruh dunia termasuk Indonesia. Berbagai upaya dilakukan agar diri kita beserta orang tersayang selalu dalam keadaan sehat dan aman. Selain penerapan pola hidup sehat dalam mengonsumsi makanan, rutin berolah raga, serta adanya perubahan gaya hidup, tanpa disadari sebenarnya kita dapat memberikan bantuan bermakna untuk mencapai kesejahteraan masyarakat berkelanjutan di bidang kesehatan secara meluas.

Aksi Muda Indonesia Asuransi Astra [Asuransi Astra].
Aksi Muda Indonesia Asuransi Astra [Asuransi Astra].

Blood for Life Indonesia adalah komunitas sosial yang berdiri 2009 dan bertujuan menjadi jaringan penghubung antara orang yang membutuhkan darah dengan orang yang bisa dan mau mendonorkan darahnya secara sukarela.

Inisiasi ini dijalankan secara serius lewat kehadiran IGD Virtual, yang terdiri dari puluhan admin volunteer. Mereka bergantian berjaga untuk memastikan informasi kebutuhan darah melalui website dan media sosial yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, mulai dari Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan beberapa kota lainnya.

Baca Juga: Ulang Tahun Putri Diana, Patungnya Diresmikan dan Pentingnya Seatbelt Mobil

"Di awal berdirinya Blood for Life Indonesia ingin menyadarkan bahwa sebenarnya kita dapat menjadi pahlawan bagi banyak orang dengan cara yang tidak sulit. Dengan mendonorkan darahnya, berarti pendonor sudah memberikan kehidupan bagi orang lain," papar Valencia M. Randa.

Dengan upaya yang sama, Asuransi Astra juga menjadikan kegiatan donor darah ini menjadi kegiatan rutin yang diikuti karyawannya, dengan maksud membantu PMI menyediakan lebih banyak stok kantong darah.

Selain manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh pendonor, setetes darah yang didonorkan juga dapat memberi arti lebih bagi yang membutuhkannya.

Tidak hanya itu, Asuransi Astra pun mengajak seluruh karyawannya melakukan kegiatan lain dalam mewujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera melalui bantuan langsung saat pelaksanaan giat posyandu rutin yang bertepatan di Hari Ulang Tahun Asuransi Astra ke-60. Juga social campaign #BerkahSenyum di mana Asuransi Astra berbagi kebahagiaan secara langsung kepada para lansia di Panti Wreda yang berada di 23 kota cabang Asuransi Astra.

"Sehat bagi kami bukan hanya terbatas pada kesehatan fisik. Kesehatan psikis juga perlu menjadi hal yang diperhatikan, apalagi di kala pandemi seperti sekarang ini," papar Laurentius Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra.

Baca Juga: Motorsport Bagian Budaya Yamaha, Bulan Ini Rayakan Partisipasi Perdana di Balap Grand Prix

"Oleh karenanya, kami berharap peran serta kontribusi mahasiswa di sini dapat secara luas menuangkan ide kreatifnya demi mendukungkehidupan yang sehat dan sejahtera melalui #AksiMudaIndonesia," tandasnya.

Kekinian, Asuransi Astra tengah menggelar #AksiMudaIndonesia, sebuah ajang yang menantang anak muda khususnya mahasiswa untuk menciptakan program aksi sosial di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan income generating activities.

Dua belas ide program aksi sosial terbaik berhak mendapatkan modal pelaksanaan dan berkesempatan memperoleh hadiah dengan total nilai seluruhnya Rp260 juta.

Komentar