alexametrics

Inovasi Layanan Pasar Murah di Pontianak, Bujang Kurir Antarkan Pakai Sepeda Motor

RR Ukirsari Manggalani
Inovasi Layanan Pasar Murah di Pontianak, Bujang Kurir Antarkan Pakai Sepeda Motor
Tim Bujang Kurir siap mengantar pesanan masyarakat (ANTARA/Dedi)

Ide seru masa pandemi di mana warga tetap di rumah, barang belanjaan diangkut sepeda motor dalam tas kurir.

Suara.com - Dalam masa pandemi Covid-19 serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat mempersembahkan belanja pangan secara online, dengan pengantaran menggunakan sepeda motor dari armada Bujang Kurir, serta gratis ongkir.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kadis Ket Pangan Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Sabtu (17/7/2021) memaparkan bahwa di saat awal pihaknya ingin lakukan pasar murah. Namun penerapan PPKM Darurat di Kota Pontianak menjadikan kemasannya berbeda. Hadirlah inovasi layanan yang disesuaikan dengan kondisi kekinian, yaitu lewat belanja online.

Heronimus Hero menjelaskan, untuk proses pembelian, masyarakat cukup menghubungi nomor telpon yang telah disediakan. Lantas pengurusan belanja dan pengiriman dari Pasar Mitra Tani ke masyarakat dilakukan Bujang Kurir.

ilustrasi skutik [Shutterstock].
ilustrasi skutik [Shutterstock].

"Saat ini kami sudah jalin kerja sama dengan Bujang Kurir, sebuah start up jasa antar barang lokal Pontianak. Pemesanan langsung dengan Bujang Kurir di 081360059900 atau dengan Pasar Mitra Tani di 082351977087," ujarnya.

Baca Juga: Warga Jepang di Indonesia Dijemput Pulang, Bagaimana dengan Ekspatriat Otomotif?

Untuk ongkir gratis karena biaya antar disubsidi oleh pemerintah. Sehingga masyarakat selain mendapat harga pangan murah juga biaya kirim gratis. Hal itu juga sejalan dengan tujuan utama untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi bahan pangan pokok dengan harga terjangkau selama penerapan PPKM Darurat.

"Masyarakat dapat harga di bawah harga pasar. Jenis pangan yang ada sesuai dengan brosur yang telah disebar atau disampaikan kepada masyarakat. Untuk menghindari agar produk tidak disalah gunakan dan agar dapat menjangkau lebih banyak masyarakat yang memerlukan maka jumlah maksimal pembelian dibatasi. Paket lengkap sesuai brosur tapi masyarakat boleh pilih di antara paket yang ada," imbuh Heronimus Hero.

"Tantangan kami pada cuaca dan armada Bujang Kurir yang terbatas karena pengantaran sampai di rumah. Jumlah SDM di kantor juga sudah ditambah untuk membantu," pungkasnya.

Tampak dari foto, armada Bujang Kurir bersiap mengantar pesanan warga. Mengandalkan kendaraan roda dua, di antaranya adalah skuter matik atau skutik.

Selain dikaitkan pada holder sepeda motor, kurir juga menyiapkan pannier atau tas kurir delivery untuk mengangkut pesanan.

Baca Juga: Pengemudi Ojol Dibolehkan Angkut Penumpang Saat PPKM Darurat, Simak Syaratnya

Komentar