alexametrics

Perjalanan Suami Istri Motoran Keliling Indonesia, Siap Berbagi Inspirasi Toleransi

RR Ukirsari Manggalani
Perjalanan Suami Istri Motoran Keliling Indonesia, Siap Berbagi Inspirasi Toleransi
Kamaruzzaman Bustaman Ahmad bersama istri saat dilepas keberangkatan mereka mengelilingi nusantara mengampanyekan Indonesia Harmoni di Banda Aceh, Rabu (28/7/2021) [ANTARA/M Haris SA].

Termasuk dalam program BNPT, pasangan suami istri asal Aceh ini siap menggeber moge 250cc kurun tiga bulan.

Suara.com - Misi membawa pesan kerukunan bersaudara se-Tanah Air hadir lewat pasangan Kamaruzzaman Bustaman Ahmad dan Fitri Zulfidar. Bersama satu unit motor gede atau moge kapasitas 250cc keduanya tur bersepeda motor berkeliling Indonesia mengampanyekan program "Indonesia Harmoni".

Sang istri, Fitri Zulfidar adalah ibu lima anak, sedangkan sang suami, Kamaruzzaman Bustaman Ahmad adalah dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry, Banda Aceh, sekaligus peneliti antropologi dan sosiologi.  Juga Ketua FKPT Aceh.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kamaruzzaman Bustaman Ahmad menyatakan bahwa "Indonesia Harmoni" adalah program Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Tujuannya mencegah terorisme, antitoleransi, dan lainnya.

Ia memberikan detail bahwa tur mengusung misi perdamaian ini direncanakan berlangsung tiga bulan menggunakan sepeda motor dengan kapasitas 250 cc. Acaranya mengunjungi seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Tips Pilih Ban Sepeda Motor yang Tepat Saat Touring Jarak Jauh

Ilustrasi touring naik motor. (pexels.com)
Ilustrasi touring naik motor. (pexels.com)

"Tur ini diawali karena hobi jalan-jalan bersepeda motor. Begitu juga dengan istri. Tur ini juga merupakan amanah Kepala BNPT. Dalam tur ini, kami juga mengenalkan Aceh yang sebenarnya, karena banyak informasi yang salah tentang provinsi berjuluk Tanah Rencong," kata Kamaruzzaman Bustaman Ahmad.

Ia pun menambahkan mengajak istrinya, karena ingin bersama-sama berkontribusi menyukseskan program "Indonesia Harmoni".

"Dalam tur ini, istri bertugas mengurus akomodasi, konsumsi, dan komunikasi selama perjalanan. Saya fokus mengendarai sepeda motor. Kami hanya berjalan di siang hari, sedangkan malam istirahat," lanjut biker itu.

Sang istri menyatakan langsung menerima ketika diajak mengikuti tur kampanye "Indonesia Harmoni".

"Saya dengan suami sama-sama suka berjalan-jalan. Tur ini impian saya. Awalnya, saya perkirakan tur ini dilaksanakan delapan tahun ke depan, tapi terlaksana sekarang. Maka saya tidak berpikir dua kali, langsung menerima ajakan suami. Anak-anak juga mendukung," sambut Fitri Zulfidar.

Baca Juga: Touring Aman di Tengah Pandemi Covid-19? Nantikan Panduan Wisata dari Kemenparekraf

Sebelum tur berdua dalam "Indonesia Harmoni", Kamaruzzaman Bustaman Ahmad bersama istri telah melakukan pemanasan motoran berdua dari Bali menuju Banda Aceh. Kemudian touring di beberapa negara seperti Thailand.

"Selain mengampanyekan Indonesia Harmoni, kami juga ingin bersilaturahmi serta mengenal dan mempelajari keberagaman budaya Nusantara. Kami juga akan mengenalkan Aceh kepada masyarakat Indonesia," lanjut Kamaruzzaman Bustaman Ahmad.

Mantan Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme atau FKPT Aceh, Prof Yusni Sabi melepas perjalanan suami istri ini dalam tur "Indonesia Harmoni". Ia mengingatkan Kamaruzzaman Bustaman Ahmad bersama istri untuk tetap menjaga nama baik Aceh selama menjalani touring panjang itu.

"Saya salut dan terkejut ketika Kamaruzzaman Bustaman Ahmad membawa istri dalam tur perdamaian ini. Tur ini memperkuat keberadaan masyarakat Indonesia dalam mencegah intoleransi, radikal, dan terorisme," pungkas Prof Yusni Sabi.

Sukses selama touring motoran dan selalu aman ya, Bapak dan Ibu!