alexametrics

Angkut Atlet Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo 2020, Toyota e-Palette Simbol Mobilitas

RR Ukirsari Manggalani
Angkut Atlet Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo 2020, Toyota e-Palette Simbol Mobilitas
Toyota e-Palette memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2019. Logo Toyota berlapis warna biru menunjukkan kendaraan ini bertenaga listrik [Toyota.co.jp]

Ada nilai filosofi tertuang dari wahana angkut gelaran olah raga dunia di Tokyo saat ini.

Suara.com - Untuk layanan transportasi antar-venue, berbagai tempat tanding sampai Athlete Village,  dalam gelaran Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo 2020 tersedia Toyota e-Palette. Berpenampilan minibus futuristik, digerakkan tenaga listrik, operasionalnya canggih menggunakan sistem mobil swakemudi.

Betapa seru serba-serbi kelahiran Toyota e-Palette bisa disimak dari laman resmi Toyota.

Mobil swakemudi ini memulai debutnya di Tokyo Motor Show 2019. Disebutkan siap menjadi penyedia layanan transportasi bus loop-line untuk Athlete Village di acara Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo 2020--yang ditunda hingga 2021.

Dimensi sekira minibus, dilengkapi jendela besar dengan desain interior terbuka, dan jok maksimal 20 orang, serta empat kursi roda.

Baca Juga: Warga Indonesia Jadi Relawan Olimpiade Tokyo 2020, Ada yang Mengawal Atlet Pakai Mobil Van

Saat penyempurnaan Toyota e-Palette diundang pemain bola basket serta atlet pengguna kursi roda, agar didapat umpan balik yang realistis  [Toyota.co.jp]
Saat penyempurnaan Toyota e-Palette diundang pemain bola basket serta atlet pengguna kursi roda, agar didapat umpan balik yang realistis [Toyota.co.jp]

"Secara khusus, mengingat yang diangkut adalah para atlet dari berbagai cabang olah raga, ketinggian jok dan pegangan tangan di semua titik lokasi bisa diubah untuk memudahkan setiap pengguna dengan postur tubuh berbeda-beda," demikian tulis Toyota.

Tidak hanya itu, bagian lantai serta interior dicat warna kontras. Tujuannya membantu pengguna yang memiliki kekurangan penglihatan warna.

Penyempurnaan terus dilakukan dengan mengundang pemain bola basket serta atlet pengguna kursi roda, agar didapat umpan balik yang realistis.

Kemudian, membantu pengguna agar tetap fokus sepanjang perjalanan, tersedia fitur pencahayaan yang nyaman lagi menenangkan. Serta tidak diputar musik.

Lantas fasilitas apakah yang tersedia untuk pencegahan COVID-19?

Baca Juga: Semester Perdana, Toyota Pegang Ranking Pertama Mobil Terlaris Dunia

Pintu besar di samping akan terbuka lebar saat Toyota e-Palette berhenti. Lebih dari separuh udara dalam kendaraan akan bersirkulasi. Juga dipasang lapisan antivirus serta film untuk seluruh permukaan yang disentuh pengguna.