alexametrics

Siap Ramaikan Segmen Kendaraan Elektrik, Yamaha Perkenalkan Tunggangan Aneh nan Futuristik

Cesar Uji Tawakal
Siap Ramaikan Segmen Kendaraan Elektrik, Yamaha Perkenalkan Tunggangan Aneh nan Futuristik
Yamaha MW Vision. (MCN)

Pakai roda tiga, ini motor atau mobil, ya?

Suara.com - Yamaha telah menguraikan rencana untuk mendorong langkah menuju netralitas karbon pada tahun 2050. 

Menariknya, Yamaha memberi bocoran bahwa peminat motor seharusnya tidak mengharapkan adanya superbike listrik dalam waktu dekat.

Dilansir dari MCN, perusahaan ini hanya menargetkan 2,6% pengendara untuk mengadopsi listrik pada tahun 2030, diikuti oleh peningkatan yang lebih tajam menjadi 20% pada tahun 2035.

Yamaha mengharapkan 90% dari sepeda motor mereka menjadi listrik pada tahun 2050, dengan beberapa tipe terakhir yang menggunakan bahan bakar cair karbon netral (CN) sintetis.

Baca Juga: Lelaki Ini Bawa Jasad Istri Diduga COVID-19 Pakai Sepeda Motor Karena Tiada Ambulans

Rasio kompresi yang lebih tinggi dan penggerak katup variabel juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi.

Yamaha TRITOWN. (MCN)
Yamaha TRITOWN. (MCN)

Namun, dalam waktu yang lebih dekat, Yamaha sedang mengerjakan kendaraan listrik yang mengaburkan batas antara kelas-kelas kendaraan saat ini, akibat penggunaan sistem roda tiga 'LMW' (leanging multi-wheel).

Dalam laporan terbaru, Yoshihiro Hidaka, Presiden Yamaha Motor mengatakan: "Kami akan bertujuan untuk menciptakan bentuk mobilitas baru dan belum pernah ada sebelumnya dengan menggabungkan teknologi mobilitas kami berdasarkan powertrain kecil, kekuatan perusahaan dengan robotika yang lahir dari teknologi produksi kami."

Yamaha E01 concept. (MCN)
Yamaha E01 concept. (MCN)

"Sebagai contoh, model mikromobilitas listrik berdiri TRITOWN kami dengan roda depan kembar dikembangkan sambil bertanya-tanya apa yang dapat kami capai jika kami menargetkan segmen mobilitas jarak jauh," lanjutnya.

"Dengan target kami yang lain, kami tidak akan membatasi diri pada sepeda motor yang ada, dan bergerak maju dengan pengembangan model yang menggunakan platform dan teknologi LMW kami, yang telah disempurnakan selama bertahun-tahun, bahkan lebih jauh lagi," pungkasnya.

Baca Juga: 4 Penyebab Akselerasi Motor Transmisi Otomatis alias Matik Jadi Lambat

Komentar