alexametrics

Perhatian: Tempel Pajangan di Dasbor Mobil Bisa Picu Bahaya

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perhatian: Tempel Pajangan di Dasbor Mobil Bisa Picu Bahaya
Ilustrasi airbag, membutuhkan ruang untuk kinerja mekanisnya [Shutterstock].

Ingin menempel berbagai pajangan di dasbor? Bahayanya simak di wacana berikut ini.

Suara.com - Dasbor mobil yang dihiasi aksesori mainan atau pajangan alias pernak-pernik secara sepintas terlihat seru dan mengasyikkan. Akan tetapi, ada bahaya mengintip rupanya. Benda-benda pajangan dinilai bisa berubah menjadi sumber petaka bila terjadi kecelakaan. Sampai berpotensi fatal.

Dalam upaya untuk memastikan keselamatan pengendara yang berkelanjutan, Dewan Keselamatan Jalan (MKJR) Malaysia, mengingatkan pengguna mobil agar tidak meletakkan aksesori apapun di dasbor mobil mereka.

"Ini karena benda-benda itu rapuh dan biasanya terbuat dari kombinasi kaca serta plastik. Benda-benda ini memiliki tepi yang tajam dan tidak menempel secara permanen ke dasbor," jelas MKJR, dan dilansir Paultan.

Selain itu, dijelaskan bahwa bermacam aksesoris ini bisa menghalangi proses airbag saat mesti mengembang. Dengan demikian airbag tidak dapat menggelembung semestinya saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: MotoGP: Lewat Dashboard, Race Director Bakal Peringatkan Pebalap 'Nakal'

Ilustrasi hiasan di dashboard mobil (Shoppe)
Ilustrasi hiasan di dashboard mobil [Istimewa]

Situasi lebih buruk bisa juga terjadi, di mana aksesori dasbor berubah menjadi proyektil. Situasi demikian bisa terjadi baik saat kecelakaan dalam kecepatan tinggi, atau ketika objek terjepit tepat di kantong udara.

Airbag depan mengembang saat tabrakan berkecepatan 160 hingga lebih dari 350 km per jam, dan mengembang penuh dalam waktu kurang dari setengah detik.

"Jadi, sebelum mulai mendekorasi dasbor dengan beberapa mainan favorit, ingatlah bahwa dasbor bukanlah rak pajangan. Pastikan tidak ada yang menempel di atasnya demi menghindari kemungkinan buruk," tutup MKJR.

Komentar