alexametrics

Subaru BRZ dan Toyota GR 86 Disebut Akan Gunakan Motor Listrik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Subaru BRZ dan Toyota GR 86 Disebut Akan Gunakan Motor Listrik
All New Toyota GR 86 yang lahir kembar bersama Subaru BRZ, sebagai ilustrasi [Toyota via Carscoops].

Subaru BRZ dan Toyota GR 86 kabarnya akan dikonversi ke model ramah lingkungan.

Suara.com - Generasi kedua dari produk kembar Subaru BRZ dan Toyota GR 86 dikabarkan sedang disiapkan untuk menjadi mobil dengan penggerak listrik.

Melansir Carscoops, situs web Jepang Best Car menyebutkan bahwa orang-orang dari Subaru mengatakan bukannya tidak mungkin bila Subaru  BRZ akan menggunakan teknologi hybrid. Hal ini mengingat mobil itu dikembangkan bersama Toyota yang terus bergerak menuju kendaraan elektrifikasi.

Memang belum ada konfirmasi resmi dari perusahaan. Namun dikatakan bila para insinyur untuk model itu sedang mempertimbangkan berbagai opsi untuk pengembangan varian model masa depan.

Subaru BRZ dipamerkan di Jenewa, Swiss (Shutterstock).
Subaru BRZ di pentas Geneve Motor Show, Swiss (Shutterstock).

Penambahan motor listrik dan baterai ke Subaru BRZ dan Toyota GR 86 pasti akan menambah bobot kendaraan. Akan tetapi output dan torsi yang dihasilkan juga akan meningkat.

Baca Juga: Kementerian ESDM Luncurkan Proyek Konversi Sepeda Motor Bensin ke Listrik

Keuntungan lain, kehadiran kedua produk menggunakan motor listrik akan membuatnya mampu bertahan di tengah persaingan mobil sport. Terlebih lagi aturan emisi yang ketat akan mempersulit mobil sport dengan mesin pembakaran untuk tetap eksis.

Sebagai informasi, Subaru BRZ untuk pasar Amerika Serikat saat ini dilengkapi mesin flat-four 2.4L naturally aspirated yang amampu memasok power 228 dk. Sementara Toyota GR 86 mampu menghasilkan tenaga hingga 232 dk.

Tenaga yang ada disalurkan ke roda belakang melalui pilihan transmisi manual atau otomatis 6-percepatan, dengan bantuan limited-slip differential.

Hasilnya, mobil sport Jepang ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 6,3 detik. Sementara kecepatan maksimum mencapai 240 km per jam.

Baca Juga: Susun Model Toyota GR Supra Skala 1:1, Lego Butuh 480.000 Potong Penyusun

Komentar