alexametrics

Bus Listrik MAB Karya Putra Bangsa, Diharapkan Bisa Mengilhami Anak Sekolah

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Bus Listrik MAB Karya Putra Bangsa, Diharapkan Bisa Mengilhami Anak Sekolah
Founder PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko (kanan) berbincang dengan Presiden Direktur PT Riau Andalan Pulp and Paper Sihol Parulian Aritonang di dalam bus listrik MAB tipe MD 12E NF (31/8/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Mengenalkan produk bertenaga listrik menjadi salah satu tujuan PT RAPP saat membeli bus non-BBM ini.

Suara.com - PT Riau Andalan Pulp And Paper atau RAPP baru saja membeli bus listrik merek MAB tipe MD 12E NF dari PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Dalam serah terima yang dilakukan secara simbolik di kantor MAB, Gedung Sahid Sudirman Center, Direktur RAPP, Sihol Parulian Aritonang menyatakan punya rencana untuk turut memperkenalkan bus listrik MAB ke anak sekolah sebagai motivasi.

"Kami di Pangkalan Kerinci memiliki tiga sekolah, kalau mereka bisa menggunakan bus listrik ini tentu sebuah terobosan," kata Sihol Parulian Aritonang saat berbincang dengan Suara.com, Selasa (31/8/2021).

Lebih lanjut, ia berharap, bus listrik MAB nantinya bisa menginspirasi anak sekolah untuk berkarya dan menghasilkan ide-ide baru.

Baca Juga: Mulai Produksi Mobil Listrik, Xiaomi Gandeng Motorcomm

"Jadi ini (bus listrik) bisa jadi pemahaman juga kepada mereka bahwa kita bisa untuk membuat kendaraan listrik," katanya.

RAPP dan MAB baru saja melakukan serah terima satu unit produksi bus listrik merek MAB tipe MD 12E NF, bagian dari dua unit penjualan komersial yang dilakukan MAB berdasarkan Perjanjian Jual Beli Bus Listrik Nomor: 189/RAPP/TRANSPORT/CPU/IV/2021 yang telah ditandatangani 1 Mei 2021.

Dalam pembuatannya, MAB menggandeng PT Karoseri Anak Bangsa yang berlokasi di Demak, Jawa Tengah. Dilihat dari aspek teknis, bus ini disebut mampu membawa penumpang 53 orang.

Hal itu bisa dilakukan berkat adanya mesin yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 240 kW dengan torsi puncak hingga 2.500 Nm.

Baca Juga: Transformasi di Bidang Transportasi, Kendaraan Listrik Jadi Solusi

Bus elektrik ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal 100 km per jam karena pada mesinnya tersemat transmisi 4-percepatan AMT (Automated Manual Transmision).

Secara keseluruhan MAB sudah punya beberapa produk berupa bus dengan dimensi panjang 12 m maupun 8 m.

Komentar