alexametrics

Akibat Krisis Chip, Inden Toyota Land Cruiser 300 Bisa Sampai Empat Tahun

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Akibat Krisis Chip, Inden Toyota Land Cruiser 300 Bisa Sampai Empat Tahun
Tampilan wajah Toyota Land Cruiser 300 [Toyota Europe].

Kekurangan chip semikonduktor secara global berdampak hingga inden Land Cruiser 300 sedemikian panjang penantiannya.

Suara.com - Toyota Land Cruiser 300 menjadi salah satu produk dari Toyota yang menjadi dambaan konsumen sejak diluncurkan. Terlebih, kehadirannya menandai 70 tahun suksesnya model Toyota Land Cruiser nan legendaris. Sayangnya, untuk kepemilikan disebutkan mesti bersabar dahulu.

Pasalnya peminat mobil ini harus menunggu tiga hingga empat tahun akibat kelangkaan semikonduktor.

Menurut laporan media lokal Negeri Matahari Terbit, Toyota Jepang bahkan sudah kewalahan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Pemesanan dari SUV generasi terbaru ini sudah melebihi kapasitas produksi domestik sebesar 400 persen. Dari 20.000 pemesanan, hanya 5.000 unit yang sudah dikirim ke pelanggan.

Baca Juga: Amerika Serikat dan Meksiko Sepakat Bersama-sama Garap Rantai Pasokan Chip Semikonduktor

Toyota Land Cruiser 300 Series tampak buritan. Sosok kokohnya mewakili legenda 70 tahun Land Cruiser [Toyota Europe].
Toyota Land Cruiser 300. Sosok kokohnya mewakili legenda 70 tahun Land Cruiser [Toyota Europe].

"Pengiriman Toyota Land Cruiser 300 yang sangat dinanti oleh pelanggan akan tertunda. Sedangkan produksi Land Cruiser di Jepang telah dihentikan pada Agustus dan September karena pembatasan COVID-19 di Asia Tenggara yang berdampak pada menurunnya pasokan suku cadang," jelas Toyota dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Cars Guide.

Sebagai informasi, Toyota Land Cruiser 300 Series generasi terbaru menggunakan mesin 3.5L V6 twin turbo bensin dengan tenaga 415 daya kuda dengan torsi 650 Nm.

Tersedia juga varian disel 3.3L V6 twin turbo dengan tenaga 309 daya kuda dan torsi 700Nm. Keduanya dipadukan dengan transimisi otomatis 10-percepatan.

Dikutip dari Toyota Europe, tayangan perdana Toyota Land Cruiser 300 Series berlangsung 9 Juni 2021 dalam format online atau daring.

Model Toyota Land Cruiser 300 Series dibangun merujuk warisan 70 tahun Land Cruiser, dengan penjualan global dunia telah menembus angka 10 juta unit.

Baca Juga: Hyundai Staria Masih Inden Sampai Dua Bulan, Kehadirannya Ditanggapi Positif

Menggunakan platform GA-F baru, 300 Series menjadi Land Cruiser SW (station wagon) baru pertama sejak diperkenalkan Land Cruiser 200 Series pada 2007. Dengan peningkatan kinerja off-road dan kemampuan on-road, pengemudi dipastikan merasa nyaman dengan lintasan apa pun yang dipilih.

Komentar