alexametrics

Sebaiknya Gunakan Fitur Shift Lock saat Mobil Matik Parkir Paralel

Liberty Jemadu | Manuel Jeghesta Nainggolan
Sebaiknya Gunakan Fitur Shift Lock saat Mobil Matik Parkir Paralel
Ilustrasi parkir paralel. [Shutterstcok]

Dengan Shift Lock mobil matik bisa didorong saat parkir paralel.

Suara.com - Para pengguna mobil matik dianjurkan menggunakan fitur shift lock saat akan parkir paralel agar mobil mudah dipindahkan atau didorong oleh tukang parkir.

Parkir paralel biasanya dilakukan di area parkir yang padat dan sifatnya fleksibel, karena tukang parkir biasanya harus memindahkan mobil dengan cara didorong untuk memberi ruang bagi mobil lain yang ingin parkir atau akan pergi.

Untuk mobil manual, tips saat parkir paralel biasanya adalah dengan tidak menarik rem tangan. Dengan demikian, mobil bisa didorong oleh tukang parkir.

Tetapi pada mobil matik, ada kemungkinan roda terkunci saat parkir meski rem tangan tak diaktifkan. Padahal, pada beberapa mobil matik terbaru ada fitur shift lock yang bisa digunakan saat parkir paralel.

Baca Juga: Tips Hadapi Turunan Curam Pakai Mobil Matik, Jangan Hanya Andalkan Rem

Seperti dikutip dari mobil88, hampir semua transmisi matik memang ada posisi “P”, yang berarti “parkir”. Ketika tuas gigi berada di posisi ini, otomatis roda-roda terkunci. Jika ini terjadi saat parkir paralel, tukang parkir mustahil bisa menggeser mobil.

Pada mobil matik, kunci mobil biasanya belum bisa dicabut atau mobil belum bisa dimatikan sempurna jika tuas gigi belum digeser ke posisi P. Tetapi masalahnya, di posisi P, ban mobil akan terkunci otomatis.

Nah, di sinilah fungsi Shift Lock. Karena setelah diparkir, pengemudi bisa memindahkan tuas gigi ke posisi P, mematikan mesin, lalu menekan tombol Shift Lock untuk menggeser kembali tuas gigi ke posisi N atau netral. Dengan demikian, mobil bisa didorong meski mesin sudah dimatikan.

Tetapi ingat bahwa setelah menggunakan Shift Lock, rem tangan jangan ditarik atau diaktifkan kembali karena justru akan membuat mobil tak bisa didorong.

Baca Juga: Di Negara Ini Mobil Transmisi Otomatis Jadi Buruan, Mengapa?

Komentar