alexametrics

Inden Mobil Baru di Sulawesi Meningkat, Seiring Perpanjangan Diskon PPnBM

RR Ukirsari Manggalani
Inden Mobil Baru di Sulawesi Meningkat, Seiring Perpanjangan Diskon PPnBM
GIIAS Makassar 2019 The Series. Sebagai ilustrasi pentas otomotif dan ramainya penjualan kendaraan roda empat sebelum pandemi COVID-19 [Dok. Seven Events]

Empat provinsi di Sulawesi mengalami penambahan inden, Sulawesi Selatan menempati daftar paling atas.

Suara.com - Perpanjangan kebijakan pemerintah memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah atau PPnBM DTP 100 persen untuk kendaraan roda empat telah menambah inden pembelian mobil baru. Hal ini bisa dijumpai di empat provinsi Sulawesi. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

"Sejak pemberian nol persen PPnBM pada masa pandemi hingga adanya perpanjangan, kini daftar inden di Kalla Toyota sudah mencapai lebih dari 2.000 unit," papar Marketing Manager Kalla Toyota, Mifta Farid S Putra di Makassar, Selasa (21/9/2021).

Daftar tunggu pemesanan mobil baru bersamaan pelaksanaan relaksasi pajak ini terjadi di empat provinsi penjualan Kalla Toyota yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.

Jalan Tol AP Pettarani Kota Makassar yang akan diresmikan Presiden Jokowi / [SuaraSulsel.id / Istimewa]
Jalan Tol AP Pettarani Kota Makassar yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo. Sebagai ilustrasi jalan raya dan kendaraan roda empat di Kota Makassar [SuaraSulsel.id / Istimewa]

Mifta Farid S Putra menyebutkan, dari 2.000 unit lebih inden itu terbanyak atau hampir 50 persen berlokasi di wilayah penjualan Sulawesi Selatan. Pasalnya, provinsi ini merupakan pangsa pasar penjualan utama produk otomotif mobil Toyota.

Baca Juga: Asal Indonesia, Irene Nikkein Jabat Direktur Regional Rolls-Royce Asia Pasifik

Produk Toyota sendiri, di Sulawesi memiliki market share sekitar 40 persen. Karena itu, seiring adanya kebijakan pemerintah memberikan insentif fiskal, maka pihaknya juga memberikan kemudahan dan potongan harga yang menarik untuk doen payment (DP), cicilan ataupun layanan purnajual.

Sementara itu, Used Car Manager Kalla Toyota Idham Multazam mengatakan, selain animo masyarakat untuk membeli mobil baru meningkat dengan adanya PPnBM,penjualan mobil bekas untuk diganti baru juga turut meningkat.

"Rata-rata kami menerima penjualan mobil berusia empat sampai lima tahun terakhir dari pemiliknya. Harga pembelian kami di atas rata-rata penjual otomotif lainnya dan bisa ditukar tambah jadi mobil baru," jelasnya.

Komentar