alexametrics

Febriani Intan, Satu-satunya Mitra Kurir Perempuan Pengemudi Van di Hub Lazada Jatake

RR Ukirsari Manggalani
Febriani Intan, Satu-satunya Mitra Kurir Perempuan Pengemudi Van di Hub Lazada Jatake
Febriani Intan, satu-satunya mitra kurir pengemudi van perempuan di Hub Lazada Jatake [ANTARA].

Gunakan VOP atau Vehicle Ownership Programme, ibu ini memiliki mobil sendiri.

Suara.com - Febriani Intan adalah satu-satunya mitra kurir pengemudi van perempuan dari hub Lazada di Jatake. Kegiatan ibu dua anak ini dimulai setiap pukul 07.00 WIB di fasilitas logistik (hub) Lazada di Jatake, Tangerang. Berada di balik kemudi mobil van, tugas dimulai saat mengambil paket pelanggan.

Dikutip dari kantor berita Antara, sekitar pukul 09.00 WIB Febriani Intan mengantar barang ke area sekitar Kutabumi dan Pasar Kemis, Tangerang, Banten. Kegiatan ini dikerjakannya setelah menyusun paket-paket yang akan dikirimkan ke pelanggan dalam van putihnya.

"Awalnya memang banyak yang mengejek saya. "Ah apa bisa kamu perempuan jadi kurir"," tukasnya menirukan.

"Tapi saya mah tutup kuping aja. Yang penting pekerjaan ini halal dan bisa membantu saya menghidupi dan menyekolahkan anak-anak. Sekarang orang-orang sudah bisa melihat sendiri bagaimana saya berhasil di pekerjaan saya," ujar Febriani Intan dalam siaran pers pada Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Super Cab Menopang Penjualan DFSK di Kota Bandung

Daihatsu Granmax MB 1.5 D PS. Sebagai ilustrasi keluarga Gran Max [PT Astra Daihatsu Motor].
Daihatsu Granmax MB 1.5 D PS. Sebagai ilustrasi mobil van [PT Astra Daihatsu Motor].

"Dengan jadwal mengantar paket lima hari dalam satu minggu, saya masih memiliki waktu luang untuk beristirahat yang cukup dan bersantai dengan anak-anak. Saya berharap rejeki saya masih akan terus bersama Lazada dalam waktu lama, dan kalau diperbolehkan, saya ingin memiliki mobil van kedua,” harap Febriani Intan sambil tertawa.

Menarik disimak, seperti kalimatnya soal berhasil di bidang pekerjaan. Ya betul, kendaraan operasional Febriani Intan adalah milik pribadi.

Ia mendapatkannya dari keikutsertaan di program kepemilikan kendaraan di Lazada Logistics, VOP atau Vehicle Ownership Programme. Dianggap memiliki kinerja yang baik, Febriani mendaftar dan diikutsertakan dalam program VOP sejak 2019, setahun setelah ia bergabung dengan Lazada Logistics.

"Sungguh terasa seperti mimpi ketika saya pertama kali mengemudikan mobil van ini. Dengan mobil sendiri saya mampu mengantarkan lebih banyak lagi paket harian, sehingga pendapatan saya otomatis meningkat. Skema pembayaran untuk VOP pun tidak memberatkan dan masih bisa saya tutup dari pendapatan bulanan. Sayapun masih bisa hidup layak bersama anak-anak,” ungkap Febriani Intan.

Suzuki APV masih diminati setelah 14 tahun mengaspal. (Suara.com/Manuel Jeghesta)
Suzuki APV, sebagai ilustrasi mobil van (Suara.com/Manuel Jeghesta)

Program kepemilikan kendaraan berjenis van adalah salah satu dari sekian banyak inisiatif yang dicanangkan Lazada melalui Lazada Logistics, sebagai upaya menjaga dan meningkatkan kesejahteraan taraf hidup para mitra kurir di Lazada.

Baca Juga: Konsumen DFSK Super Cab Masih Pilih Mesin Bensin Ketimbang Diesel

Dengan hadirnya VOP yang memberikan kesempatan mitra kurir memiliki kendaraan pribadi, aspirasi para mitra untuk bisa berkarya secara mandiri nantinya ataupun menikmati hasil jerih payah dapat terealisasikan. Dengan penawaran bantuan uang muka serta cicilan yang menarik, lebih dari 50 persen mitra kurir pengemudi di Lazada Logistics telah ikut serta dalam VOP.

"Keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan setiap mitra di Lazada Logistics, khususnya para mitra kurir, telah dan akan selalu menjadi prioritas utama kami. Karena itu kami terus menghadirkan berbagai inisiatif yang kami harap bisa menjadi penyemangat para mitra kurir menjalankan pekerjaannya," papar Philippe Auberger, Chief Logistics Officer, Lazada Indonesia.

"VOP ini menjadi bentuk apresiasi kami kepada mereka yang tidak hanya menjadi motor penggerak operasional bisnis kami, namun menjadi garda depan yang membantu bisnis brand dan penjual di Lazada bisa terus berjalan dan konsumen bisa mendapatkan paketnya dengan aman, nyaman dan tetap di rumah saja," lanjutnya.

Menurut Philippe Auberger, memiliki mitra kurir seperti Febriani Intan dalam barisan garda depan Lazada Logistics yang selalu bersemangat menjadi kebanggaan tersendiri.

"Komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik pun tercermin nyata dalam kegigihan Ibu Febriani mengantarkan paket pelanggan setiap harinya dengan aman dan tepat waktu. Sudah sepantasnya kami memberikan apresiasi melalui berbagai fasilitas yang tidak hanya bertujuan mendukung kinerja setiap mitra kurir, namun memastikan mereka memiliki penghidupan yang layak dengan kesejahteraan yang terus meningkat selama bekerja bersama kami di Lazada," tandasnya.

Selain sarana kesejahteraan seperti VOP, di masa pandemi COVID-19 Lazada Logistics juga memberikan akses vaksinasi serta perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan kepada semua mitra kurir. Tidak hanya itu, Lazada Logistics juga bermitra dengan berbagai mitra strategis untuk memberikan kemudahan dan fasilitas tambahan untuk para mitra kurir.

Dengan Shell Indonesia misalnya, mitra kurir Lazada bisa menikmati diskon bahan bakar eksklusif di SPBU Shell, dan dalam kondisi tertentu, Shell akan memberikan asuransi sebagai keamanan tambahan saat mereka berada di jalan.

Kemudian bersama PT Pegadaian (Persero), kemitraan ini memungkinkan mitra kurir Lazada untuk meningkatkan literasi keuangan mereka. Juga dengan mudah mengakses produk dan layanan Pegadaian, sehingga diharapkan nantinya mereka dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.

Sedangkan untuk keluarga para mitra kurir, seperti anak-anak mitra kurir, Lazada Logistics bermitra dengan Ruangguru untuk menyediakan akses tambahan ke pendidikan.

"Kami memberikan komitmen penuh untuk melindungi dan memberdayakan para mitra kurir beserta keluarganya," pungkas Phillippe Auberger.

Komentar